Pemkab Purwakarta Berimprovisasi soal TKD Pegawai

Rabu, 16 Januari 2019 - 23:53 WIB
Pemkab Purwakarta Berimprovisasi soal TKD Pegawai
Setda Purwakarta mengkaji ulang pemberlakuan TKD bagi ASN. Kajian itu terkait penyesuaian tunjangan kinerja antara pegawai administrasi dengan yang di lapangan, terutama berkaitan dengan absensi sidik jari. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi
A A A
PURWAKARTA - Sekretariat Daerah (Setda) Purwakarta mengkajiulang pemberlakuan tunjangan kinerja dinamis (TKD). Karena kebijakan tersebut membuat resah pegawai lapangan menyusul pemberlakukan absensi sidik jari.

"Saya lihat banyak pegawai yang galau apalagi yang di lapangan. Kami buat improvisasi antara pegawai administratif dengan mereka yang di lapangan. Jangan sampai yang di lapangan terganggu kinerjanya karena finger print saja. Sehingga perlu improvisasi," kata Sekda Purwakarta Iyus Permana, Rabu (16/1/2019).

Improvisasi tersebut, ujar dia, salah satunya melalui pola absensi pegawai yang bersifat administrasi dengan yang bekerja di lapangan. Dirinya mencontohkan pegawai kebersihan akan berbeda dengan pegawai yang mengurus pembukuan.

"Yang di lapangan jangan fokus sama finger print, langsung aja mereka kerja ke lapangan. Cukup melaporkan dengan mengirim foto kegiatannya kepada admin yang sudah ditunjuk oleh OPD-nya, sedangkan yang bertugas administrasi wajib finger print," ujar dia.

Menurut Iyus, sistem tersebut akan berbasis android dengan menggunakan sebuah aplikasi yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Ap yang dikembangkan tidak akan menyalahi aturan dari BKN terkait TKD, karena pertanggungjawabannya berdasarkan kineja.

Untuk aturan ini akan secepatnya dibuat melalui peraturan bupati (perbup. Timnya sedang mengkaji agar kebijakan tersebut bisa selaras dengan aturan pemerintah pusat.

"Sah-sah saja kami berimprovisasi karena pertanggungjawabannya berdasarkan bukti kinerja. Sekarang lagi disusun perbupnya termasuk melakukan kajian agar selaras dengan aturan di pusat," tandas Iyus.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8560 seconds (0.1#10.140)