Bupati Ini Rutin Ajak Ribuan ASN Salat Duha Berjamaah

Rabu, 16 Januari 2019 - 22:57 WIB
Bupati Ini Rutin Ajak Ribuan ASN Salat Duha Berjamaah
Ribuan ASN Pemda KBB berangkat ke Masjid Ash Shiddiq untuk menunaikan salat Duha berjamaah. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG BARAT - Iklim dan suasana kerja di lingkungan Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) berubah 180 derajat di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Aa Umbara Sutisna-Hengki Kurniawan (Akur).

Perubahan drastis yang sangat kentara adalah dalam hal kehidupan spiritual. Setiap Senin, seusai apel pagi, ribuan ASN di lingkungan Pemda KBB selalu melanjutkan kegiatan dengan salat Duha berjamaah di Masjid Ash Shiddiq yang berada di lingkungan kompleks Pemda KBB.

Kegiatan rutin ini telah berjalan sekitar empat bulan, dimana setelah dilantik pada 20 September 2018 lalu pasangan ini langsung mengubah kultur kerja dibirokrasi. Disiplin dalam masuk dan pulang kerja, serta kehadiran ASN dalam apel pagi menjadi perbaikan di internal birokrasi.

Ini dikarenakan ada kesan apel Senin pagi adalah hal yang tidak penting, sehingga Bupati Aa Umbara mencoba mendobrak tradisi kurang baik tersebut.

"Apel Senin pagi adalah bagian dari rutinitas pekerjaan ASN sehingga mereka wajib hadir tepat waktu. Bagi yang terlambat atau tidak ikut apel, mereka akan diberikan sanksi," kata Aa Umbara di Ngamprah, Rabu (16/1/2018).

Bupati Ini Rutin Ajak Ribuan ASN Salat Duha Berjamaah


Dia mengaku cukup berbesar hati dengan semakin antusiasnya ASN di lingkungan Pemda KBB datang tepat waktu mengikuti apel pagi. Ini menandakan tingkat kesadaran dan kedisiplinan ASN di bawah kepemimpinannya mulai meningkat.

Umbara juga secara terus menerus mengajak anak buahnya untuk meningkatkan kehidupan spiritual dengan melakukan salat Subuh berjamaah setiap Jumat dan salat Duha berjamaah seusai apel Senin pagi.

Menurut Bupati, dengan meningkatnya disiplin pegawai dan kehidupan spiritual yang lebih baik, bisa menular kepada kinerja. Dengan semakin mendekatkan diri kepada Sang Pencipta melalui salat Duha dan Subuh berjamaah, ada dampak psikologis yang dirasakan.

ASN bisa bekerja dengan jujur, bersih, tidak korupsi, sesuai dengan visi dan misi Akur yakni Aspiratif, Kreatif, Unggul, dan Religius.

"Saya memang punya program setelah Apel pagi dilanjutkan Salat Duha berjamaah di masjid pemda. Alhamdulilah kehadiran ASN terus meningkat dari awalnya hanya ratusan, minggu lalu 1.994, dan minggu ini naik menjadi 2.200 dari total 2.400 ASN yang ada di lingkungan Pemda KBB.

Ini adalah sebuah rekor tersendiri karena selama 10 tahun KBB berdiri belum pernah kehadiran ASN saat apel mencapai sebanyak itu," terangnya.

Aa Umbara menilai kebijakan yang diterapkan ini mungkin diawal-awal cukup memberatkan bagi ASN yang terbiasa 'santai'. Tapi dengan jargon 'KBB Lumpaat' yang terus digelorakannya lambat laun ASN sudah terbiasa dan mulai enjoy menikmati gaya kepemimpinannya.

Seperti datang pagi dan tepat waktu serta pulang sesuai dengan jam kerja yang telah ditetapkan. Bahkan agar ASN datang tepat waktu saat apel, pihaknya pun telah menyiapkan angkutan jemputan khusus bagi ASN yang disiapkan di gerbang Kota Baru Padalarang dan Kantor Samsat Cimareme.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9078 seconds (0.1#10.140)