RSUD Pangandaran Butuh 450 Pegawai Medis dan Nonmedis

Rabu, 16 Januari 2019 - 14:00 WIB
RSUD Pangandaran Butuh 450 Pegawai Medis dan Nonmedis
Proyek pembangunan RSUD Pangandaran. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pangandaran yang saat ini masih dalam tahap pembangunan bakal membutuhkan 450 pegawai medis dan nonmedis. Rencananya, rekrutmen pegawai medis dan nonmedis untuk RSUD Pangandaran tersebut dilaksanakan Oktober 2019.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Pangandaran Yayan Barlian mengatakan, bangunan RSUD yang sedang berjalan rencananya adalah RSUD tipe B. "Meski bangunan RSUD sudah standar tipe B, namun untuk oprasional RSUD masih standar tipe C," kata Yayan, Rabu (16/1/2019).

Kebutuhan pegawai untuk operasional RSUD tipe C bakal membutuhkan SDM spesialis dasar dan SDM subspesialis. "Untuk SDM spesialis dasar RSUD tipe C terdiri dari dua orang spesialis bedah, dua orang spesialis kandungan, dua orang spesialis anak, dan dua orang spesialis dalam," jelasnya.

Selain spesialis dasar, RSUD tipe C juga membutuhkan subspesialis yang terdiri dari subspesialis mata, subspesialis THT, dan subspesialis saraf.

"Dalam Permenkes 54/2014 diatur RSUD tipe C harus memiliki fasilitas bangunannya 200 ruangan rawat inap. Saat ini RSUD Pangandaran tengah menyiapkan 175 ruang rawat inap," papar Yayan.

Yayan menjelaskan, Dinas Kesehatan telah menggelar dialog dengan pihak Universitas Padjadjaran (Unpad). Rencananya Unpad siap membantu untuk operasional RSUD Pangandaran dengan tipe B.

RSUD Pangandaran yang saat ini dibangun memiliki luas tanah 5 hektare. Luas bangunan 3 hektare. "Luas tanah 3 hektare tersebut diperuntukkan 14 bangunan penunjang fasilitas kebutuhan RSUD."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7746 seconds (0.1#10.140)