Menangkan Jokowi, Relawan Cakra 19 Sasar Swing Voters di Jabar

Selasa, 15 Januari 2019 - 23:47 WIB
Menangkan Jokowi, Relawan Cakra 19 Sasar Swing Voters di Jabar
Warga Kabuyutan menyatakan dukungannya kepada Jokowi-Maruf di Pilpres 2019. Insert: Ketua Divisi Khusus Cakra 19 Budi Santoso. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Para relawan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang tergabung dalam Cakra 19 menyasar para pemilih yang belum menentukan pilihannya atau massa mengambang (swing voters) di Provinsi Jabar demi kemenangan Jokowi-Ma'ruf di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Ketua Divisi Khusus Cakra 19 Budi Santoso mengatakan, sebagai wadah relawan pengusung pasangan calon presiden-wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 01 itu, Cakra 19 tidak hanya menyasar komunitas-komunitas untuk kemenangan Jokowi-Ma'ruf. Sesuai tugas pokoknya, kata Budi, Cakra 19 juga bertugas sebagai suplemen, katalis, dan jembatan bagi para calon pendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Kami coba menyasar saudara-saudara kita yang belum menentukan pilihan dan juga yang masih ingin memastikan apakah program-program pasangan 01 betul-betul sesuai harapan kita," ungkap Budi sesuai sosialisasi bersama warga Kabuyutan Jawa Barat di kawasan Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Selasa (15/1/2019).

 Menangkan Jokowi, Relawan Cakra 19 Sasar Swing Voters di Jabar


Sosialisasi, lanjut Budi, akan lebih digencarkan lewat kegiatan-kegiatan yang disesuaikan dengan karakter calon pemilih swing voters, seperti sosialisasi bagi warga Kabuyutan yang dibalut pagelaran budaya dan seni bela diri Pencak Silat.

"Ini menjadi bukti bahwa pemerintahan Pak Jokowi berkomitmen dalam pengembangan budaya sebagai wujud revolusi mental. Bagaimanapun, kekayaan budaya kita yang dirangkum dalam bhineka tunggal ika itu suatu kekayaan sekaligus kekuatan," tandasnya.

Sementara itu, sesepuh warga Kabuyutan Jabar Abah Yusuf menyatakan, Presiden Jokowi di periode pertama pemerintahannya telah memberikan perhatian yang besar terhadap pengembangan budaya dan tradisi di Indonesia.

"Apalagi, Pak Jokowi telah mencanangkan program pengembangan budaya dengan alokasi dana abadi kebudayaan sebesar Rp5 triliun, itu baru dalam sejarah kepemimpinan republik ini," ungkap Yusuf.

Dengan komitmennya yang tinggi terhadap pengembangan budaya dan tradisi, Jokowi dinilai perlu melanjutkan periode kedua pemerintahannya. Karenanya, dia kembali menegaskan, mendukung penuh Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Ini kan harus dikawal, Rp5 triliun ini kan bukan hujan dari langit, nanti bocor lagi, gak tepat sasaran, gak sampai tujuan. Apalagi, banyak budaya, tradisi, seni buhun yang harus dirawat, salah satunya Pencak Silat. Kita mendorong agar beliau tetap amanah di periode keduanya," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua Divisi Khusus Cakra 19 Budi Santoso menambahkan, sama seperti relawan Jokowi-Ma'ruf lainnya, Cakra 19 juga memiliki strategi untuk memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019. Menurutnya, Cakra 19 memilih strategi berdasarkan kearifan lokal atau tradisi.

"Kami masih yakin dan percaya pada kearifan lokal karena kontestasi ini bukan arena untuk memecah belah, tapi untuk mempersatukan negara dan bangsa dengan seluruh komponennya, agar negara lebih maju," katanya.

Menurut Budi, setelah bersilaturahmi dengan berbagai komunitas tradisi di seluruh Indonesia, pihaknya yakin Jokowi akan kembali memimpin Indonesia di periode kedua pemerintahannya.

"Keyakinan ini berdasarkan capaian-capaian sosialisasi yang telah kami lakukan seiring dengan pencapaian kinerja pemerintah saat ini dan yang akan dikerjakan nanti. Insya Allah (Jokowi) dua periode," tandasnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8008 seconds (0.1#10.140)