Kota Bandung Berpeluang Besar Jadi Tuan Rumah Kongres HMI ke-31

Selasa, 15 Januari 2019 - 18:54 WIB
Kota Bandung Berpeluang Besar Jadi Tuan Rumah Kongres HMI ke-31
Ketua PB HMI Bidang Hubungan Internasional, Achyar Al Rasyid. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Rapat harian Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) memutuskan pelaksanaan Kongres HMI ke-31 dipercepat. Pada rapat itu juga diputuskan Kota Bandung berpeluang besar menjadi tuan rumah pelaksanaan kongres HMI mengalahkan kandidat tuan rumah lain, yakni Malang, Pontianak, dan beberapa kota lain.

"Pertimbangan dipercepatnya pelaksanaan kongres HMI ke-31 ini, demi terwujudnya kondusivitas regenerasi dan jalannya organisasi ke depan," kata Ketua HMI Bidang Pembardayaan Aparatur Organisasi (PAO) Fauzi Marasabessy kepada SINDOnews, Selasa (15/1/2019).

Pelaksanaan kongres yang dipercepat dari waktu seharusnya, diharapkan mampu melecut pengurus agar mampu berlari menyelesaikan amanah organisasi dan program kerja bidang masing-masing. Dia juga meminta seluruh pengurus dan anggota PB HMI tetap menjalankan rutinitas organisasi dan program kerja secara normal.

Terkait Kota Bandung yang masuk dalam calon tuan rumah Kongres HMI ke-31, Ketua PB HMI Bidang Hubungan Internasional, Achyar Al Rasyid menyambut baik dan mendukung hal tersebut. Dia menilai Kota Bandung merupakan kota bersejarah yang terkenal dengan Bandung Lautan Api dan Konferensi Asia Afrika (KAA).

"Bandung layak untuk jadi tuan rumah kongres HMI ke-31 yang dipercepat. Selain memiliki sejarah panjang saat kemerdekaan, kota ini juga dikenal sebagai pusat pergerakan mahasiswa pada 1966, 1978, dan 1998," kata Achyar yang juga merupakan Ketua Umum BADKO HMI Jawa Barat periode 2017-2018 ini.

Menurut dia, sejarah-sejarah itu akan menambah energi semangat perjuangan HMI dalam berkontribusi terhadap kemajuan Bangsa Indonesia. Terlebih kota yang juga dijuluki Parijs van Java ini memiliki fasilitas dan tempat mumpuni untuk menerima seluruh fungsionaris HMI dari semua tingkatan yang dapat mendukung sukses dan lancarnya penyelenggaraan kongres.

"Kota Bandung terakhir menjadi tuan rumah kongres pada 1981 saat Ahmad Zacky Siradj terpilih menjadi Ketua Umum PB HMI. Jadi, sudah cukup lama kongres HMI tidak digelar di sini (Bandung)," pungkas dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0631 seconds (0.1#10.140)