Mario Gomez Masuk Radar PSM Makassar

Selasa, 15 Januari 2019 - 13:30 WIB
Mario Gomez Masuk Radar PSM Makassar
Mario Gomez. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Manajemen PSM Makassar memprioritaskan pelatih berpaspor asing untuk menangani tim Juku Eja musim ini. Sejauh ini, ada 14 nama yang disodorkan sebagai calon pengganti Robert Alberts. Tiga di antaranya merupakan sosok familier, yakni Alfred Riedl, Petar Segrt, dan eks pelatih Persib Bandung Mario Gomez.

Manajemen PSM bergerak cepat mencari sosok pelatih untuk mempersiapkan tim menghadapi musim 2019. Tim asal Kota Makassar itu menargetkan paling lambat dua pekan ke depan suksesor Robert yang mundur dengan alasan kesehatan sudah bisa diumumkan di publik.

CEO PSM Munafri Arifuddin mengungkapkan, saat ini pihaknya sudah mengantongi 14 nama pelatih yang disodorkan agen. Beberapa di antaranya memiliki karakter yang sama dengan Robert. Hanya, pria yang akrab disapa Appi ini tak ingin gegabah.

Dia mengatakan masih harus melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan empat asisten pelatihnya. "Yang jelas, pelatihnya harus bersih. Saya tidak ingin seorang pelatih berhubungan dengan mafia dan bisa memengaruhi kebijakannya. Saya mau pelatih tegas seperti Robert," katanya.

Ditanya lebih spesifik, Appi menyebut lebih memprioritaskan pelatih berpaspor asing. Dia mengatakan nama Riedl, Segrt, dan Gomez mencuat. "Negara asal pelatih juga akan menjadi pertimbangan. Karena, jangan sampai jadi kendala untuk para pemain sehingga hal itu membuat adaptasinya tidak butuh banyak waktu," ucapnya.

Dia menegaskan, kendati akan ditangani pelatih baru, hal tersebut tidak menjadi alasan bagi manajemen untuk merevisi target ini, terutama di Piala AFC. Baginya, kesempatan PSM bermain di kancah Asia harus dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga target yang diusung sejak awal, yakni juara Liga 1 dan lolos penyisihan grup di AFC Cup tetap menjadi prioritas.

"Tentu target kami tetap sama. Karena itu, persyaratan pelatihnya juga harus memiliki pengalaman di kancah internasional," ujarnya.

Mundurnya Robert secara mendadak memang memengaruhi persiapan Pasukan Ramang menghadapi tiga event tahun ini, yakni Piala Indonesia, Piala AFC, dan Liga 1.

Di kompetisi Asia, PSM tergabung di Grup H bersama Home United (Singapura), Lao Toyota (Laos), dan Kaya FC (Filipina). Tim Juku Eja terakhir kali tampil di Liga Champions Asia pada tahun 2004 sekaligus menjadi yang pertama. Sayang, tim Ayam Jantan dari Timur gagal melewati fase grup.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1618 seconds (0.1#10.140)