Warga Kabuyutan Jabar Dukung Jokowi, Ini Alasannya

Selasa, 15 Januari 2019 - 11:52 WIB
Warga Kabuyutan Jabar Dukung Jokowi, Ini Alasannya
Sesepuh warga Kabuyutan Jabar Abah Yusuf (tengah) didampingi Sekjen Cakra 19 Letjen (Purn) Eko Wiratmoko (kiri) dan Ketua Divisi Khusus Cakra 19 Budi Santoso mendukung penuh Jokowi di Pilpres 2019. Foto/SINDOnews/Agung Bakti
A A A
BANDUNG - Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan dukungan penuh dari warga Kabuyutan di Provinsi Jawa Barat. Dukungan penuh diberikan karena Jokowi dinilai sebagai sosok pemimpin yang bersih, lugas, dan tegas.

Jokowi juga dianggap sosok pemimpin yang sukses membawa bangsa dan negara ini pada kehidupan yang lebih baik di periode pertama pemerintahannya serta menjadi mustika negara yang benar-benar terbukti memperjuangkan rakyatnya.

"Jadi, saya amanat kepada seluruh warga Kabuyutan, pilihlah orang yang terbaik di Republik ini, yang benar, yang menjadi mustika negara. Maka, berkewajiban untuk memilih kembali (Jokowi) dua periode," tegas sesepuh warga Kabuyutan Jabar Abah Yusuf seusai Silaturahmi dengan Relawan Cakra 19 di Padepokan Kabuyutan Gegerkalong, Jalan Gegerkalong, Kota Bandung, Senin 14 Desember 2019 malam.

Dalam kegiatan yang juga diikuti ratusan warga Kabuyutan tersebut, Yusuf juga menekankan, sebagai presiden, sosok Jokowi merupakan mustika negara yang harus dihormati karena Jokowi diangkat menjadi Presiden melalui mufakat seluruh bangsa Indonesia.

Terlebih, Jokowi yang kini berpasangan dengan Ma'ruf Amin di Pemilihan Presiden (Pilpres), April 2019 itu telah membuktikan prestasinya dalam memimpin negara ini, salah satunya keberanian untuk menguasai kembali aset-aset negara yang selama ini dikuasai pihak asing.

"Terserah orang mau menyebutkan bahwa itu kampanye dan sebagainya, yang jelas kita harus menghormati prestasi seseorang. Tidak semua orang jadi Presiden, hanya satu Presiden di republik ini. Itulah mustika negara yang harus kita hormati. Dan beliau (Jokowi) sanggup dan berani 'Toh Pati Jiwa Raga ' untuk memperjuangkan bangsa ini," paparnya.

Yusuf mengatakan, para pendiri bangsa ini sudah berada pada jalur yang benar dalam membentuk dan mempersatukan bangsa Indonesia melalui landasan negara, yakni Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dia menilai, Jokowi sebagai sosok yang mampu menjaga keberagamaan bangsa ini. Menurutnya, mantan Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu telah terbukti memperjuangkan seluruh lapisan masyarakat. Karenanya, Yusuf berharap, seluruh bangsa Indonesia mampu menjaga persatuan dan kesatuan yang selama ini telah terpelihara baik.

"Mari kita sama-sama menjaga NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) dari rongrongan, baik dari dalam maupun luar. Siapa lagi yang mau menjaga kalau buka putra-putri Indonesia. Saya siap menjadi barisan terdepan jika ada yang mau mengoyak negeri ini," tegas Yusuf seraya menilai, anggapan yang menyebut Indonesia akan hancur hanyalah asumsi dari sebuah skenario global.

Disinggung eksistensi warga Kabuyutan, Yusuf menyebutkan, sedikitnya 9,6 juta warga yang dikenal sangat menjunjung tinggi adat istiadat dan tradisi itu berada di Provinsi Jabar. Jutaan warga Kabuyutan lainnya tersebar di sedikitnya 12 Kabuyutan di seluruh Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua.

"Saya yakin, warga Kabuyutan itu akan mengikuti instruksi pupuhu (pimpinan). Dan dalam waktu dekat, sesepuh dari 12 Kabuyutan di Nusantara akan menyatakan dukungannya kepada Pak Jokowi," tandasnya.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Cakra 19 Letnan Jenderal (Purn) Eko Wiratmoko mengatakan, sebagai relawan pengusung pasangan Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019, pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada warga Kabuyutan di Provinsi Jabar yang telah memberikan dukungan penuhnya kepada Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019.

"Alhamdulillah warga Kabuyutan sudah mendukung Pak Jokowi dan kami pun terus mencari dukungan. Terakhir, kami bertemu Pak Solihin GP (sesepuh Jabar) dan beliau menyatakan tegas Pak Jokowi kudu menang di Jabar," katanya.

Dia menerangkan, Cakra 19 merupakan wadah relawan yang awalnya diisi para purnawirawan TNI dan kini telah berkembang menjadi wadah relawan berbagai komponen. Melalui Cakra 19, pihaknya bertekad menegakkan keutuhan NKRI.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9581 seconds (0.1#10.140)