Angkut Puluhan Penumpang Bus Pariwisata Terbakar di Tol Cikampek

Minggu, 13 Januari 2019 - 21:05 WIB
Angkut Puluhan Penumpang Bus Pariwisata Terbakar di Tol Cikampek
Petugas berusaha mengevakuasi bangkai bus pariwisata yang hangus terbakar di Tol Cikampek. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Sebuah bus pariwisata dengan nopol Z 7937 DC hangus terbakar saat melintas di kilometer 49 Tol Cikampek arah Cikampek, Minggu (13/1/2019).

Bus yang tengah mengangkut 39 orang penumpang itu diduga terbakar akibat korsleting pada bagian kelistrikan. Tidak ada korban dalam kebakaran tersebut karena para penumpang bus berhasil menyelamatkan diri.

Kasatlantas Polres Karawang AKP Bariu Bawana mengatakan, berdasarkan keterangan sopir bus, Dudung Sudrajat, kebakaran bermula ketika bus memasuki Tol Cikampek dari arah Jakarta sekitar pukul 15.00 WIB, tepat di KM 48 arah Cikampek. Saat itu dia melihat lampu indikator aki bus menyala.

"Sopir langsung memingirkan bus di KM 49 dan meminta kernet bus melihat kondisi aki di bagian belakang bus," kata Bariu kepada SINDOnews.

Bariu mengemukakan, begitu membuka kap mesin bagian belakang bus, kernet melihat asap keluar dari dalam mesin. Kemudian sopir bus meminta penumpang segera keluar dari bus.

"Sopir bertindak cepat dengan meminta semua penumpang segera keluar setelah melihat ada percikan api di mesin bus. Setelah penumpang semua turun, api dengan cepat membakar bus." ujar Kasatlantas.

Bariu mengungkapkan, bus yang terbakar tersebut merupakan bus pariwisata dari Perusahaan Otobus (PO) Banter. "Sebelumnya bus tersebut dinyatakan layak pakai. Namun kami masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut," tutur dia.

Dugaan sementara penyebab kebakaran tersebut akibat korsleting pada bagian kelistrikan. Kebakaran bus tersebut menimbulkan kerugian ditaksir mencapai Rp300.000.000.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4708 seconds (0.1#10.140)