alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Garbi Kota Bandung Gelar Deklarasi di Arcamanik

Agung Bakti Sarasa
Garbi Kota Bandung Gelar Deklarasi di Arcamanik
Garbi Kota Bandung menggelar deklarasi di Kompleks Olahraga Raga Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu (12/1/2019). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa

BANDUNG - Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) Kota Bandung menggelar deklarasi di Kompleks Olahraga Arcamanik, Jalan Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu (12/1/2019).

Deklarasi menandai kehadiran Garbi sebagai organisasi masyarakat (ormas) di kota berjuluk Parijs Van Java ini. Lewat deklarasi tersebut, Garbi bertekad menjadi ormas yang ingin memberikan andil terhadap masyarakat demi kemajuan bangsa dan negara.

"Kami adalah murni ormas dan tidak berafiliasi dengan partai mana pun. Kami ingin memberikan andil kepada masyarakat demi kemajuan bangsa dan negara ini," tegas Ketua Garbi Kota Bandung, Ecep Supriatna di sela-sela deklarasi.



Menurut Ecep, Garbi merupakan gerakan masyarakat yang terbentuk dari kesamaan ide dan perasaan yang kemudian dikonsolidasikan dan melahirkan sebuah deklarasi.

Sebelum menggelar deklarasi, lanjut Ecep, pihaknya telah membentuk struktur dan perwakilan di 30 kecamatan yang ada di Kota Bandung sebagai langkah awal untuk melaksanakan berbagai agenda kegiatan.

"Selain di Kota Bandung, deklarasi Garbi juga sudah dilaksanakan di beberapa kota lainnya, seperti Garut, Cirebon, dan Tasik dan akan digelar di kabupaten/kota lainnya. Sementara untuk Garbi Jawa Barat rencananya akan digelar akhir Januari atau awal Februari 2019 mendatang," papar Ecep.

Ecep menjelaskan, filosofi yang dianut oleh Garbi yakni dari bawah ke bawah (button up). Artinya, kata Ecep, Garbi memulai deklarasinya dari kabupaten/kota dan berlanjut ke provinsi hingga nantinya di tingkat nasional.

Ecep menambahkan, tahun ini, Garbi akan fokus pada pembangunan kesadaran masyarakat atau kesadaran kolektif. Selain itu, sejumlah kegiatan sosial pun akan mulai digulirkan.
 
"Langkah awal di tahun 2019 fokus membangun kesadaran bersama, di antaranya seperti melalui diskusi. Tujuannya untuk membangun kesefahaman bersama," tandasnya.

Deklarasi Garbi Kota Bandung digelar secara sederhana. Selain melibatkan ratusan warga, deklarasi juga dimeriahkan orasi dan live performance.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif