Ini Dia Sosok Polisi Asli di Film Preman Pensiun

Sabtu, 12 Januari 2019 - 18:04 WIB
Ini Dia Sosok Polisi Asli di Film Preman Pensiun
Wakapolres Majalengka Kompol Hidayatullah (tengah) saat masih menjabat sebagai Kapolsek Bandung Wetan. Foto/SINDONews/Agus Warsudi-Inin Nastain
A A A
BANDUNG - Sukses lewat sinetron yang tayang di RCTI, Muslihat dan para preman menyapa para penggemar lewat film Preman Pensiun. Film garapan sutradara Aris Nugraha itu tayang serentak di bioskop-bioskop pada 17 Januari 2019 mendatang.

Dibanding film-film lainnya, dalam hal pemeran pembantu, Preman Pensiun memiliki keistimewaan sendiri. Pasalnya, pemeran pembantu dalam film produksi MNC Pictures ini tidak dimainkan sembaran orang, melainkan oleh sosok profesional.

Ya. Sosok polisi dalam film ini adalah polisi asli, yang saat ini masih aktif bertugas. Wakapolres Majalengka Kompol Hidayatullah, demikian sosok polisi yang beradu peran dengan para pemain Preman Pensiun. "Saat itu saya menjabat sebagai Kapolsek Bandung Wetan," kata Hidayatullah kepada SINDONews, Sabtu (12/1/2019).

Ini Dia Sosok Polisi Asli di Film Preman Pensiun


Keterlibatan Kompol Hidayatullah dalam film Preman Pensiun berawal dari komunikasi dengan pihak produser. Saat itu, pihak Preman Pensiun membutuhkan sosok polisi asli yang akan terlibat dalam film tersebut.

"Ada casting dari produser Preman Pensiun. Waktu itu ada sekitar 11 Kapolsek dari Bandung semua. Hasil casting dari 11 kapolsek itu, hanya diambil satu," ujar dia.

"Perannya emang khusus anggota (polisi), melakukan penyelidikan dan penyidikan. (Ceritanya) terjadi pertikaian antarpreman. Kami melakukan penyidikan sampai dengan tindakan tegas, penangkapan terhadap salah satu pelaku di Preman Pensiun. Durasi sekitar dua menit," tutur Hidayatullah.

Hidayatullah mengungkapkan, keterlibatannya dalam film Preman Pensiun tidak terlepas dari upaya untuk memperkenalkan tugas dari kepolisian kepada masyarakat. "Tujuan kami cuma satu ya, ingin mempublishkan kepada masyarakat bahwa untuk pemeran polisi itu, ya begitulah protapnya," ungkapnya.

"Kebanyakan kita liat di film, polisi itu diperankan oleh masyarakat umum. (Dalam Preman Pensiun), protap ataupun prosedur yang dilaksankan dalam hal tindakan kepolisian benar adanya, tidak dibuat-buat, tidak dikarang-karang," pungkas Hidayatullah.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1879 seconds (0.1#10.140)