alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Posko Kesehatan Didirikan di Lokasi Bencana Puting Beliung

Agus Warsudi
Posko Kesehatan Didirikan di Lokasi Bencana Puting Beliung
Rumah-rumah warga di Perumahan Rancaekek Permai 2 yang rusak bagian atapnya setelah diterjang puting beliung. Foto/ISTIMEWA

BANDUNG - Tim terpadu mendirikan pos siaga dan pos kesehatan di lokasi bencana puting beliung Kompleks Perumahan Rancaekek Permai 2, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, tenda posko siaga dan kesehatan didirikan pada Jumat (11/1/2019) malam. Tim medis yang siaga di posko dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung dan Urdokkes Polda Jabar.

"Posko layanan kesehatan itu digunakan untuk korban dan petugas. Kami juga mendirikan tenda pengungsian. Warga yang rumahnya rusak dan tak bisa ditempati juga ditampung di Masjid At Taubah," kata Trunoyudo, Sabtu (12/1/2019).



Truno mengemukakan, personel gabungan juga membangun tenda informasi terpadu untuk pendataan dan menampung bantuan logistik. Sedangkan untuk mengantisipasi tindak kejahatan, polisi melakukan patroli.

"Untuk antisipasi kita lakukan patroli baik di rumah-rumah warga yang ditinggalkan sementara karena tidak bisa ditempati. Kami juga lakukan langkah serupa untuk wilayah Karawang dan Garut yang juga terkena bencana puting beliung dan banjir," ujar Truno.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, terdapat tiga kampung Desa Jelegong, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung yang terdampak bencana puting beliung.

Yakni, Kampung Jatisari 15 rumah rusak berat dan 21 rumah rusak ringan; Papanggungan 50 rumah rusak ringan; dan di Kompleks Perumahan Rancaekek Permai 300 rumah rusak berat dan ringan. "Untuk korban luka, 15 orang luka ringan dan satu luka berat," kata Kapusdalops BPBD Jabar Budi Budiman.



(awd)