35 Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Jum'at, 11 Januari 2019 - 18:16 WIB
35 Rumah Rusak Diterjang Angin Puting Beliung
Warga menurunkan genting yang masih tersisa usai diterjang angin puting beliung. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Angin puting beliung memporak porandakan puluhan rumah di dua dusun Desa Mukti Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon sekitar pukul 11.45 WIB, Jumat (11/1/2019).

Sebanyak 35 rumah warga mengalami rusak berat dan ringan di bagian atap dan satu orang mengalami luka dilarikan ke klinik terdekat.

Kerugian akibat angin puting beliung itu masih dalam perhitungan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) yang datang ke lokasi kejadian.

Menurut keterangan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Karawang, Anyang Saehidin, mengatakan berdasarkan keterangan warga diketahui angin puting beliung terjadi sekitar pukul 12.00 Wib.

Warga dua dusun yaitu di dusun Kopo Timur dan dusun Tegaljaya dikejutkan dengan datangnya pusaran angin kencang ke rumah mereka. " Saat kejadian cuaca di sekitar memang sedang mendung dan adanya awan comulonimbus disekitarnya." katanya.

Anyang mengatakan, angin puting beliung itu langsung menerjang rumah warga dan dalam waktu singkat langsung menghancurkan rumah warga dibagian atap. Rumah warga mengalami rusak berat hingga ringan dan kebanyakan pada bagian atap.

"Setelah kami melakukan pendataan ada sebanyak 25 rumah di dusun Kepo Timur mengalam rusak dan 10 rumah lagi di dusun Tegaljaya. Rusaknya bervariatif ada yang rusak berat dan ada juga yang rusak ringan," katanya.

Menurut Anyang rata-rata rumah warga mengalami kerusakan cukup parah pada bagian atap. Genting-genting rumah warga tersapu angin hingga ratusan meter. Kendati begitu musibah angin puting beliung ini tidak menyasar korban manusia dan hanya satu orang mengalami luka ringan.

"Sejauh ini tidak ada korban jiwa. Hanya ada satu orang yang mengalami luka ringan. atas nama Ilik (70) dan saat ini sudah dibawa ke klinik terdekat," katanya.

Anyang mengatakan BPBD Karawang masih melakukan penghitungan kerugian akibat bencana angin puting beliung. "Nilai kerugian masih dalam assesment petugas BPBD," katanya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1122 seconds (0.1#10.140)