alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lion Group Tambah Penerbangan, BIJB Kertajati Makin Ramai

Inin Nastain
Lion Group Tambah Penerbangan, BIJB Kertajati Makin Ramai
Lion Group menambah penerbangan di BIJB. Selain Lion Air, ada juga Wings Air yang melayani penerbangan dari Kertajati ke beberapa kota. Foto/SINDOnews/Inin Nastain

MAJALENGKA - Penerbangan dari Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dipastikan semakin beragam. Hal itu seiring dengan Lion Group yang kembali membuka rute penerbangan baru dari dan menuju BIJB, Jumat (11/1/2019) ini.

Pada penerbangan kali ini, ada dua pesawat milik Lion Group yang melayani penerbangan dari BIJB. Kedua penerbangan itu masing-masing Lion Air dengan tujuan Balikpapan dan Wings Air ke Yogyakarta.

Selain itu, Sabtu (12/1/2049) besok, Lion Group juga mulai melayani penerbangan dari Kertajati ke Halim Perdanakusuma dan sebaliknya. "Lion Air dengan menggunakan pesawat jenis Z Boing 737 serie 800 kapasitas 189  tempat duduk all ekonomi. Kemudian dengan satu lagi armada Wings Air menggunakan ATR 72 serie 500 dan 600 tempat duduk 72 all ekonomi," jelas Senior Sales Manager Lion Group Mochammad Helmi saat Launching Penerbangan Perdana di BIJB Kertajati, Jumat (11/1/2019).



Untuk penerbangan perdana ini, jelas dia, kendati belum penuh, jumlah penumpang terbilang cukup memuaskan. Pihak maskapai menargetkan hingga akhir bulan ini jumlah penumpang dari BIJB bisa tembus 80 persen.

"Alhamdulillah untuk penerbangan perdana ini tingkat keterisian di atas 60 persen, dan tujuh hari ke depan kami juga sudah melihat rata-rata ada kenaikan di setiap harinya rata-rata 5 persen. Diharapkan sampai akhir bulan ini kami bisa mencapai tingkat keterisian sekitar 80 persen," papar dia.

Dia berharap dengan dimulainya penerbangan perdana pada hari ini dan esok pada 12 Januari dengan tambahan rute dari Wings Air melayani BIJB Kertajati ke Halim, dapat terus meningkatkan frekuensi jadwal dan pilihan kepada masyarakat di wilayah Ciayumajakuning agar dapat langsung menggunakan transportasi yang selama ini mereka lakukan melalui bandara di Jakarta ataupun bandara di Bandung.

Di tempat yang sama,  Executive General Manager BIJB Ibut Astono mengatakan hingga saat ini pihaknya terus melakukan komunikasi dengan sejumlah maskapai untuk kembali membuka rute baru. Dia mengakui, ada salah satu maskapai yang kemungkinan membuka penerbangan internasional dengan tujuan Malaysia. "Namun masih dalam tahap komunikasi ya," kata dia.

Sementara, untuk penerbangan Kertajati-Yogyakarya dan sebaliknya serta Kertajati-Balikpapan dan sebaliknya dilakukan setiap hari. Penerbangan Kertajati-Yogyakarta dilakukan pada pukul 13.50 WIB, sementara Yogyakarta-Kertajati pukul 12.20 WIB.

Lalu, Kertajati-Balikpapan pukul 13.40, sementara Balikpapan-Kertajati pukul 12.00 WIB.

Berbeda dengan penerbangan tujuan Kertajati-Yogyakarta dan Kertajati-Balikpapan yang dilakukan setiap hari, penerbangan Kertajati-Halim Perdanakusuma akan dilakukan pada Selasa, Kamis, dan Sabtu. Jadwal penerbangannya pukul 11.55 WIB dari Kertajati dan pukul 10.35 WIB dari Halim Perdanakusuma.

Untuk diketahui, Lion Air sebelumnya melayani perjalanan umrah dari BIJB.



(zik)