Peringati 10 Tahun MSB, 25 Januari Penyair Bandung Ngariung di GIM

Jum'at, 11 Januari 2019 - 00:52 WIB
Peringati 10 Tahun MSB, 25 Januari Penyair Bandung Ngariung di GIM
Rois Aam Majelis Sastra Bandung Matdon menggendong cucunya. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Majelis Sastra Bandung (MSB) bakal menggelar acara peringatan 10 tahun usianya. Acara tersebut akan digelar di Gedung Indonesia Menggunggat (GIM), Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung pada Jumat 25 Januari 2019 mendatang.

Rois A‘am Majelis Sastra Bandung Matdon mengatakan, di usianya yang 10 tahun, MSB merasa masih sedikit memberikan sumbangsih dalam menghidupkan sastra di Kota Bandung, Jawa Barat, dan Indonesia.

Meski begitu, kata Matdon, paling tidak, MSB telah berupaya semaksimal mungkin untuk memiliki arti bagi kehidupan berbangsa dan bernegara lewat sastra.

"Misalnya kami turut mencerdaskan bangsa lewat lomba nulis puisi, cerpen, dan atau memberikan pelajaran gratis tentang sastra bagi pelajar," kata Matdon, Kamis (10/1/2019).

MSB, ujar Matdon, telah rutin setiap tahun menggelar lomba puisi Ramadan. Kemudian, lomba menulis puisi bagi pelajar sekolah menengah atas (SMA) dan kejuruan (SMK) se-Jabar, seperti pada Agustus 2018 lalu dengan tema "Arti Kemerdekaan Bagiku".

Matdon mengemukakan, dalam memperingati 10 tahun MSB pada 25 Januari nanti, panitia akan menggelar doa bersama, pembacaan puisi, dan musik yang dibawakan oleh penyair dan musisi Kota Bandung.

"Mereka yang akan tampil Adew Habsta, Ganjar Noor, Dian Harun, Mukti Mukti, Yuatia, Opik Rozenski, Musisi Miranti dan lain lain. Acara ini gratis untuk umum," ujar dia.

Menurut Matdon, semula panitia akan membuat award atau pemberian penghargaan untuk sastrawan Saini KM. Namun karena hal lain, acara itu ditunda.

"Peringatan 10 tahun MSB nanti mungkin tidak semeriah seperti yang sudah-sudah. Tetapi, kami yakin ini akan sangat khidmat, mengingat Indonesia saat ini tengah dilanda berbagai bencana, terutama bencana politik," pungkas Matdon serius.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1064 seconds (0.1#10.140)