Ibarat Pagar Makan Tanaman, Satpam Ini Bobol Brankas Tempat Kerja

Kamis, 10 Januari 2019 - 17:40 WIB
Ibarat Pagar Makan Tanaman, Satpam Ini Bobol Brankas Tempat Kerja
Barang bukti uang dalam amplop yang dicuri oleh PY. Foto-foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Pribahasa pagar makan tanaman, sepertinya tepat disematkan untuk perbuatan PY (34), warga Kampung Tanjakan Muncang, Desa Cileunyi Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung ini.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai satuan pengamanan (satpam) di Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Al Islam, Jalan Cisaranten Kulon Nomor 120, Kelurahan Cisaranten Kulon, Kecamatan Cisaranten, Kota Bandung itu, nekat membobol brankas penyimpanan uang tempatnya bekerja.

Padahal seharusnya, PY menjaga tempat kerjanya sepenuh hati, dengan jiwa dan raga. Namun apa daya, himpitan kebutuhan ekonomi membuatnya gelap mata.

Pada Senin 7 Januari 2019 sekitar pukul 23.00 WIB, saat bertugas jaga, iman PY pun bobol. Dia nekat memanjat pagar tinggi untuk masuk ke ruang bagian adiministrasi dan keuangan Poltekkes Al Islam.

PY leluasa beraksi karena dia sudah sangat tahu seluk beluk ruangan. Selain itu, di tempat kerjanya, hanya dia seorang diri. Bahkan, tempat menyimpan kunci untuk membuka laci uang pun dia tahu.

Di dalam laci tersebut terdapat 82 amplop berisi uang senilai Rp20 juta. Uang itu kemudian dia masukkan ke dalam tas dan dibawa pulang dengan maksud untuk digunakan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Keesokan harinya, Poltekkes Al Islam geger karena uang yang sedianya untuk honor dosen dan biaya pembuatan seragam raib itu, dari laci penyimpanan. Pihak Poltekkes pun melaporkan peristiwa pencurian tersebut ke Polsek Arcamanik.

Kapolsek Arcamanik Kompol Anang Suhanji mengatakan, setelah menerima laporan, anggota Unit Reskrim Polsek Arcamanik langsung meluncur ke lokasi kejadian. Petugas melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan saksi.

Dari keterangan saksi, kata Anang, kecurigaan telah muncul bahwa pelaku pencurian adalah PY. Sebab pada malam, Poltekkes Al Islam hanya dijaga oleh PY seorang diri.

"Selain itu, kami mengamankan rekaman kamera CCTV (closed circuit television) yang terpasang di dekat ruang bagian adiministrasi dan keuangan Poltekkes Al Islam," kata Anang didampingi Kasubbag Humas Polrestabes Bandung Kompol Santhi Rianawati di Mapolsek Arcamanik, Jalan Cisaranten Baru I, Kota Bandung, Kamis (10/1/2019).

Selanjutnya, ujar Anang, anggota Unit Reskrim memeriksa rekaman CCTV tersebut. Dalam rekaman jelas terlihat pelaku pencurian uang di Poltekkes Al Islam tak lain adalah PY.

Berbekal rekaman CCTV tersebut, anggota Unit Reskrim Polsek Arcamani tak kesulitan menangkap tersangka. Dari tangan PY, petugas mengamankan 82 amplop berisi uang Rp20 juta milik Poltekkes Al Islam. "Kepada petugas dia mengaku nekat mencuri karena desakan kebutuhan ekonomi," ujar Anang.

Akibat perbuatannya, PY, ayah dari dua orang anak ini, dijerat Pasal 363 tentang Pencurian dengan Pemberatan (Curat). Dia terancam hukuman 7 tahun penjara.

Ibarat Pagar Makan Tanaman, Satpam Ini Bobol Brankas Tempat Kerja
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1600 seconds (0.1#10.140)