Bawaslu Jabar Akan Periksa Video Kampanye Ridwan Kamil

Rabu, 09 Januari 2019 - 18:38 WIB
Bawaslu Jabar Akan Periksa Video Kampanye Ridwan Kamil
Ketua Bawaslu Jabar Abdullah (kanan). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar memastikan bakal memeriksa video Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang mengacungkan satu jari dalam kegiatan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kepastian tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Jabar Abdullah menyikapi video yang kini viral tersebut. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kebenarannya, termasuk terkait apakah Ridwan Kamil terindikasi melakukan pelanggaran atau tidak. "Kami akan akan cek dulu kebenarannya," kata Abdullah saat dihubungi Rabu (9/1/2018).

Abdullah mengemukakan, Bawaslu Jabar tidak akan tebang pilih dalam menegakkan aturan pemilihan umum (pemilu). Pihaknya akan menindak siapapun, termasuk gubernur jika terbukti melanggar aturan pemilu. "Semua sama di mata hukum, tidak ada perlakuan khusus. Tugas Bawaslu adalah melakukan penegakkan hukum pemilu, siapapun itu," ujar dia.

Setelah pemeriksaan selesai dan ditemukan pelanggaran, tutur Abdullah, pihaknya akan meminta klarifikasi kepada orang nomor satu di Jabar tersebut.

"Siapapun yang melanggar aturan pemilu, termasuk kepala daerah, wajib bagi kami untuk melakukan penindakan. Namun, kami harus dalami dulu dengan melihat fakta-fakta dan menggali informasi," tutur Abdullah.

Meski begitu, ungkap Ketua Bawaslu Jabar, sah-sah saja seorang kepala daerah ikut serta dalam kampanye sepanjang, hal itu disertai izin dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). "Jadi, tetap harus meminta izin untuk kampanye, meski sedang libur atau cuti," ungkap dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5027 seconds (0.1#10.140)