alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Jabar Ingatkan Kepala Daerah Bangun Citra Netral

Agung Bakti Sarasa
Bawaslu Jabar Ingatkan Kepala Daerah Bangun Citra Netral
Ketua Bawaslu Jabar Abdullah. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa

BANDUNG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat mengingatkan seluruh kepala daerah di Provinsi Jabar agar menjunjung tinggi netralitas jelang Pemilihan Umum (Pemilu), April 2019 mendatang.

Ketua Bawaslu Jabar Abdullah mengatakan, setiap kepala daerah harus membangun citra netral di hadapan masyarakat saat menjalankan aktivitasnya saat kerja maupun saat libur.

Kalaupun akan ikut serta dalam kampanye, kata Abdullah, pihaknya meminta seluruh kepala daerah menaati seluruh kaidah dan ketentuan yang berlaku.



"Kalau mau kampanye, itu harus izin cuti dan itu pun bukan dalam kapasitas hari kerja. Kedua, di luar dalam posisi cuti, memang tidak boleh melakukan upaya mencitrakan tidak netral," tegas Abdullah saat dihubungi, Rabu (9/1/2019).

Apalagi, lanjut Abdullah, sesuai aturan perundang-undangan, kepala daerah juga dilarang membuat kebijakan, keputusan, bahkan sikap yang dinilai menguntungkan salah satu peserta pemilu.

"Prinsipnya, Bawaslu dalam posisi tidak tebang pilih terhadap siapa pun yang melanggar aturan pemilu, termasuk kepala daerah sekalipun," tegasnya.

Pernyataan Abdullah tersebut menyusul beredarnya video Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang mengacungkan simbol satu jari dalam kegiatan yang digelar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sebelumnya, Wali Kota Bogor Bima Arya pun melakukan hal serupa saat mendampingi Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin di Pesantren Al-Ghazaly, Kota Bogor.



(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif