alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemprov Jabar-Pemda KBB Jadikan Situ Ciburuy Destinasi Wisata Berkelas

Adi Haryanto
Pemprov Jabar-Pemda KBB Jadikan Situ Ciburuy Destinasi Wisata Berkelas
Master plan rencana penataan kawasan kompleks Situ Ciburuy di Kecamatan Padalarang, KBB. Foto/Istimewa

BANDUNG BARAT - Pemprov Jabar dengan Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) segera menata dan menjadikan objek wisata Situ Ciburuy sebagai destinasi wisata berkelas.

Rencana prestisius tersebut diawali dengan peninjauan langsung Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna bersama pihak dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum dan Dinas Sumber Daya Air Jabar ke Situ Ciburuy, Selasa (8/1/2019).

"Saya mewakili masyarakat KBB ingin sampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Keinginan untuk menata Situ Ciburuy yang sudah lama dimimpikan sejak lama, akhirnya segera terwujud," kata Aa Umbara di sela-sela peninjauan di Situ Ciburuy.



Pemprov Jabar-Pemda KBB Jadikan Situ Ciburuy Destinasi Wisata Berkelas

Dia yakin ketika penataan Situ Ciburuy selesai dan berubah total seperti dalam master plan, obyek wisata di wilayah Padalarang ini bakal menjadi maskot wisata baru di KBB selain Lembang.

Apalagi dukungan dari pemerintah provinsi pun mencakup anggaran, di mana di tahap pertama ini dikucurkan dana sebesar Rp30 miliar untuk menata perwajahan di bagian depan Situ Ciburuy.

Ke depan, ujar Aa Umbara, di kompleks Situ Ciburuy yang luasnya mencapai sekitar 41 hektare (ha) ini juga akan dibangun kampung bunga, gedung kreatif untuk pelaku seni dan budaya, serta stand kuliner yang dipusatkan di satu area.

Dia berharap, dalam waktu dekat pengerjaan penataan mulai dilakukan dan diprediksi selesai pada 2020. Jika tahap awal selesai, penataan berikutnya baru menyasar situ atau danaunya.

"Tahap awal ini kami dapat kucuran dana dari provinsi Rp30 miliar. Sedangkan berdasarkan estimasi untuk penataan keseluruhan dibutuhkan kurang lebih Rp100 miliar. Semoga saja bisa semuanya dari provinsi," ujar Bupati.

Meski jumlah anggarannya masih belum cukup untuk menata Ciburuy, Umbara ingin akan ada investor lain yang masuk agar dapat membantu dalam penataan. Pasalnya penataan juga harus memindahkan dan mengganti bangunan milik UPT pengairan, memindahkan kawasan parkir Bus Damri ke Gunung Masigit, pelebaran jalan, penyediaan lahan parkir, dan penunjang wisata lainnya, sehingga membutuhkan anggaran tidak sedikit.

"Dampak dari ini semua adalah PAD untuk KBB dari sektor pariwisata jadi meningkat dan masyarakat di sekitar Ciburuy juga akan terdongkrak ekonominya. Jadi saya meminta agar program penataan Ciburuy ini didukung semua pihak termasuk masyarakat sekitar, pedagang, dan penyewa jasa perahu yang eksis saat ini," tutur Umbara.

Seperti diketahui pada 30 Desember 2018, Gubernur Jabar Ridwan Kamil di akun Instagram telah memposting rencana penataan Situ Ciburuy. Rencana itu dipertegas saat dia berkunjung ke KBB dan melakukan salat Subuh berjamaah dengan Bupati Aa Umbara.

Penataan Situ Ciburuy yang mengilhami lagu 'Bubuy Bulan' ini bagian dari 40 program destinasi strategis pariwisata Jawa Barat sekaligus hadiah untuk warga Jabar.



(awd)