Masyarakat Jabar Diimbau Beli Barang Kebutuhan Harian Secukupnya

Jum'at, 04 Januari 2019 - 13:59 WIB
Masyarakat Jabar Diimbau Beli Barang Kebutuhan Harian Secukupnya
Sekda Jabar Iwa Karniwa. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Masyarakat diminta membeli barang kebutuhan harian secukupnya, untuk menghindari terjadinya gejolak harga akibat perubahan supply dan demand. Hal itu disampaikan Sekda Jabar Iwa Karniwa menanggapi inflasi Jabar selama 2018 yang mencapai 3,52%, atau di atas nasional.

"Kami harap masyarakat bisa membeli barang secara wajar. Kalau barang Insya Allah tersedia, jadi kalau beli secukupnya saja. Tidak usah nimbun di rumah. Karena ngaruh ke pasokan, seolah-olah tidak ada," jelas Iwa, Jumat (4/1/2019).

Ketika ditanya upaya apa yang akan dilakukan Pemprov Jabar untuk menekan inflasi Jabar, dia mengaku akan melakukan beberapa langkah. Pertama melakukan sinergitas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Sinergitas tak hanya di tingkat atas, tetapi hingga bupati/wali kota, produsen, dan unsur lainnya. Misalnya, menjamin agar percepatan arus barang sesuai jalur, sehingga tidak ada kendala dalam pendistribusian barang dari produsen ke konsumen.

"Kami juga akan melakukan kolaborasi dengan pihak terkait, terutama pada barang yang berpengaruh besar terhadap inflasi. Misalnya adanya anomali atau kemunduran keterlambatan tanam padi. Kami kerja sama dengan Bulog," jelasnya.

"Harga eceran beras di Jabar selama ini cukup tinggi, maka kami sigap lakukan pengamanan pasokan beras premium dan medium sehingga bisa dikendalikan harganya. Kami juga terima kasih ke Polda Jabar yang sudah menindak mereka yang melakukan kriminal di ekonomi. Misalnya penimbunan dan lainnya."

Pemprov Jabar juga akan terus membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan agar menjangkau hingga pelosok desa. Dengan adanya kemudahan akses jalan, distribusi dari petani bisa lancar. Sehingga. masyarakat bisa dapat harga wajar karena tidak ada kendala transportasi.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5236 seconds (0.1#10.140)