Selama Liburan Nataru, Kenaikan Traffic Data XL di Pangandaran Kalahkan Bali

Jum'at, 04 Januari 2019 - 11:07 WIB
Selama Liburan Nataru, Kenaikan Traffic Data XL di Pangandaran Kalahkan Bali
Selama musim liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, kenaikan traffic penggunaan data jaringan XL Axiata di Pangandaran, Jawa Barat, naik tajam. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Selama musim liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, kenaikan traffic penggunaan data jaringan XL Axiata di Pangandaran, Jawa Barat, naik tajam, mengalahkan destinasi wisata terkemuka, Bali.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D Yosetya mengatakan, area-area lokasi wisata populer yang mengalami kenaikan traffic antara lain Pangandaran sebesar 91%. Kenaikannya mengalahkan Bali 87%, atau Lombok 80%. Namun demikian, Pangandaran jauh di bawah kenaikan traffic data di Danau Toba 310% atau Labuan Bajo, yang traffic layanan datanya mengalami kenaikan sebesar 165%.

Sedangkan terhitung mulai 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, secara rata-rata terjadi kenaikan traffic sekitar 83% dibandingkan hari-hari normal. Kenaikan traffic tertinggi ada pada tanggal 23 Desember 2018 sebesar 40% dan 1 Januari 2019 sebesar 83%.

"Dari jenis layanan, kenaikan traffic tertinggi ada pada akses ke layanan instant messaging, yaitu meningkat 540% dibandingkan hari-hari biasa," jelasnya, Jumat (4/1/2019).

Sedangkan pada malam Natal, selain instant messaging, layanan lainnya yang mengalami kenaikan penggunaan secara signifikan dibandingkan hari-hari biasa adalah SNS (Social Networking Service) naik 125% dan Gaming naik 122%. Kenaikan traffic dari jenis-jenis layanan ini bisa terjadi karena aplikasi tersebut banyak digunakan untuk mengucapkan Natal dan Tahun baru.

"Antusiasme masyarakat dalam merayakan libur panjang sangat terlihat beberapa tahun terakhir. Bahkan hampir tak ada beda dengan saat libur Lebaran. Traffic penggunaan layanan di banyak area di luar Jakarta meningkat signifikan, sebaliknya di Jakarta cenderung berkurang," kata dia.

Menurut Yessie, berkat persiapan yang matang, jaringan XL Axiata sukses dan lancar dalam melayani pelanggan di semua wilayah, termasuk di area-area yang mengalami peningkatan traffic secara signifikan.

Untuk memastikan jaringan benar-benar aman, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan pada sekitar 1.500 site yang meng-cover area atau wilayah yang kemungkinan akan mengalami peningkatan traffic.

Site-site tersebut antara lain berada di jalur utama transportasi darat menuju kota-kota tujuan liburan, juga di sekitar lokasi-lokasi wisata. Selain itu, berbagai upaya juga telah disiapkan, antara lain dengan penempatan sejumlah Mobile BTS di berbagai lokasi yang tersebar di Sumatera, Jakarta, pusat Kota Bandung, serta di jalur Tol Trans Jawa.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1799 seconds (0.1#10.140)