KA Pangandaran Beroperasi, Catat Jadwal Keberangkatannya

Rabu, 02 Januari 2019 - 23:12 WIB
KA Pangandaran Beroperasi, Catat Jadwal Keberangkatannya
Peresmian beroperasinya KA Pangandaran di Stasiun Kota Banjar. Foto/ISTIMEWA/PT KAI Daop 2 Bandung
A A A
BANJAR - Guna melayani masyarakat untuk melakukan perjalanan menggunakan KA dengan relasi Jakarta–Bandung-Banjar, PT Kereta Api Indonesia (KA) Persero melaunching KA Pangandaran relasi Stasiun Gambir–Bandung–Banjar (PP) dan Bandung-Banjar (PP) di Stasiun Banjar, Rabu (2/1/2019).

Satu rangkaian KA Pangandaran terdiri dari empat unit kereta eksekutif dan empat unit kereta ekonomi premium dapat mengangkut 520 penumpang.

Untuk jarak sekitar 328,8 Km antara Jakarta-Banjar, kereta ini akan menempuh waktu sekitar 8 jam. Sedangkan dari Bandung ke Banjar dengan jarak 155,8 km ditempuh sekitar 4 jam 30 menit.

Jadwal KA Pangandaran:

1. KA 12410 Relasi Gambir-Bandung-Banjar: berangkat dari Stasiun Gambir pukul 07.50 WIB, tiba di Bandung pukul 11.07 WIB. Berangkat dari Bandung pukul 11.40 dan tiba di Kota Banjar pukul 15.56 WIB.

2. KA 12379 Relasi Banjar-Bandung: berangkat dari Banjar pukul 16.20 WIB dan tiba di Bandung pukul 20.34 WIB.

3. KA 12412 Relasi Bandung-Banjar: berangkat dari Bandung pukul 09.10 dan tiba di Banjar pukul 13.03 WIB.

4. KA 12377 Relasi Banjar-Bandung-Gambir: berangkat dari Banjar pukul 13.55 WIB, tiba di Bandung pukul 18.34 WIB. Berangkat dari Bandung pukul 19.05 dan tiba di Gambir pukul 22.34 WIB.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung Joni Martinus mengatakan, peluncuran KA Pangandaran dilakukan oleh Direktur Utama KAI Edi Sukmoro di Stasiun Banjar, Jabar pada Rabu (2/1/2019).

Launching KA Pangandaran tersebut juga disaksikan oleh Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, anggota Dewan Komisaris PT KAI, Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, dan undangan lainnya.

"Nama kereta api ini diambil dari nama daerah sarat potensi wisata yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banjar, yakni Pangandaran. Beberapa wisata di wilayah Kabupaten Pangandaran di antaranya Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, Green Canyon, dan lain-lain," kata Joni, Rabu (2/1/2019).

Untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan angkutan KA, ujar Joni, KAI memberikan tarif promo untuk KA Pangandaran keberangkatan 2 Januari hingga 1 Februari 2019.

Gambir-Banjar (pp): Kelas Eksekutif Rp160.000 dan Kelas Ekonomi Premium Rp110.000 (setara dengan Tarif Argo Parahyangan, Bandung-Gambir (pp)

Bandung-Banjar (pp): Kelas Eksekutif dan Ekonomi Premium Rp1,- dengan syarat dan ketentuan sbb:

a. Pembelian tiket Rp1 melalui Loket tidak dikenakan biaya alias gratis.
b. Pembelian tiket Rp1 melalui KAI Access dan website KAI tidak dikenakan bea pesan.
c. Pembelian tiket Rp1 melalui channel eksternal dikenakan bea pesan sesuai kebijakan masing-masing channel.
d. Pembelian tiket Rp1 tidak dapat dilakukan di Ticket Vending Machine.

Adapun tarif normal setelah masa promo adalah sebagai berikut:
1. Eksekutif: Tarif Batas Bawah (TBB) Rp150.000 dan Tarif Batas Atas (TBA) Rp520.000

2. Ekonomi Premium: Tarif Batas Bawah (TBB) Rp100.000 dan Tarif Batas Atas (TBA) Rp 330.000.

"Pemesanan tiket KA Pangandaran bisa dilakukan mulai H-30 keberangkatan di aplikasi KAI Access, web KAI, Loket Stasiun, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya," ujar Joni.

Joni menuturkan, tiket Promo KA Pangandaran ini tidak dapat dibatalkan atau diubah jadwal, digabungkan dengan reduksi/promo lainnya, dan hanya dilayani jika tempat duduk masih tersedia.

Selama masa promo, tutur dia, KAI juga memberikan layanan angkutan lanjutan secara gratis bagi penumpang KA Pangandaran yang melakukan pemesanan dengan relasi Gambir-Garut (pp). Keberadaan Angkutan Lanjutan ini bertujuan untuk mempermudah penumpang KA Pangandaran yang dari dan menuju Garut.

Dengan layanan single ticketing, penumpang cukup memesan satu kali kemudian sudah langsung dapat menggunakan KA Pangandaran serta Angkutan Lanjutannya. Angkutan Lanjutan yang dikelola oleh anak usaha KAI, PT KA Pariwisata ini memiliki titik pemberangkatan/pemberhentian di Jalan Perintis Kemerdekaan Nomor 6, Garut.

Untuk tanggal 2 sampai dengan 4 Januari 2019, PT KA Pariwisata menyediakan satu armada berkapasitas masing-masing 12 tempat duduk, lalu mulai 5 Januari dan seterusnya akan ditambah menjadi 2 armada dengan total 24 tempat duduk.

Angkutan Lanjutan ini melayani rute Stasiun Cibatu-Garut (pp). Perjalanan Angkutan Lanjutan Stasiun Cibatu-Garut (pp) menempuh waktu lebih kurang 60 menit

Detailnya sebagai berikut:

Relasi Gambir-Garut: KA Pangandaran tiba di Stasiun Cibatu pukul 13.14 dan penumpang berpindah ke Angkutan Lanjutan untuk menuju Garut dengan keberangkatan pukul 13.30 WIB.

Relasi Garut-Gambir: Penumpang berangkat dari pickup point pukul 14.30 menuju Stasiun Cibatu untuk selanjutanya menggunakan KA Pangandaran dengan jadwal keberangkatan pukul 16.40 menuju Stasiun Gambir.

“Pengoperasian KA Pangandaran ini merupakan salah satu dukungan KAI terhadap program pariwisata Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia (WI-PI) dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat dari Jakarta dan Bandung ke wilayah Garut, Tasikmalaya, Banjar, dan Pangandaran. Sehingga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, budaya dan perekonomian di Jawa Barat,” ungkap Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Edi juga berterima kasih operasional KA Pangandaran mendapat dukungan dari Pemprov Jabar, Pemkot Banjar, Pemkab Pangandaran, dan masyarakat Jawa Barat.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.6094 seconds (0.1#10.140)