Jalur KA Banjar-Pangandaran Bakal Direaktivasi Tahun Ini

Rabu, 02 Januari 2019 - 13:04 WIB
Jalur KA Banjar-Pangandaran Bakal Direaktivasi Tahun Ini
Sisa jalur KA Banjar-Pangandaran. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Jalur Kereta Api (KA) Banjar-Pangandaran rencananya direaktivasi mulai tahun ini. Jalur tersebut bakal kembali diaktifkan setelah 30 tahun lamanya mati akibat sepinya penumpang.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, tahun ini jalur KA Banjar-Pangandaran rencananya bakal diaktifkan. Namun, soal kapan mulai digunakan, dia berharap proses reaktivasi bisa secepatnya selesai.

"Rencana Pangandaran, kemungkinan akan direaktivasi. Doakan saja bisa jalankan itu. Karena masyarakat daerah juga perlu punya akses ke kota besar. Kan masyarakat bisa bawa hasil bumi dan meningkatkan pariwisata ke Pangandaran," kata Edi di Bandung, Rabu (2/1/2019).

Hal senada juga dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik. Menurut Dedi, saat ini pihaknya menginventarisasi lahan. Pemprov Jabar akan membantu melakukan penertiban lahan bekas jalur KA yang saat ini banyak dipakai masyarakat.

"Jalurnya tetap yang ada. Trase lama. Pakai jalur lama. Soal dana, dari pusat. Kami bantu di penertiban. Apabila ada perubahan trase, baru kami usulkan (dana). Misalnya ada stasiun baru atau untuk pengadaan lahan baru," kata dia.

Pihaknya mendukung rencana reaktivasi jalur KA Banjar-Pangandaran. KA tersebut akan memudahkan masyarakat dari Bandung atau Jakarta ke Pangandaran. Selain itu, untuk merangsang ekonomi di Jabar selatan, khususnya kawasan Pangandaran.

Jalur KA dari Banjar ke Pangandaran memiliki panjang 82,2 km. Jalur kereta melewati kawasan ekstrem. Bakal ada empat terowongan panjang dan enam jembatan tinggi dan panjang yang akan dilewati.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3089 seconds (0.1#10.140)