KA Pangandaran Diluncurkan, Tarif Rp1 Selama Sebulan

Rabu, 02 Januari 2019 - 11:45 WIB
KA Pangandaran Diluncurkan, Tarif Rp1 Selama Sebulan
Dirut PT KAI Edi Sukmoro (kanan) didampingi Kepala PT KAI Daop 2 Bandung Saridal seusai meluncurkan KA Pangandaran. Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan KA Pangandaran untuk rute Jakarta-Banjar (PP) mulai Rabu (2/1/2019). Selama masa promo, PT KAI menerapkan tarif Rp1 per penumpang.

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan, diluncurkannya KA Pangandaran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menginginkan perjalanan langsung dari Jakarta ke Banjar. Kereta tersebut bakal melintasi Bandung, Tasikmalaya, dan berhenti di Banjar. Begitu juga rute sebaliknya.

"Kami beri promo selama 1 bulan (Rp1) per penumpang. Setelah tarif promo berakhir, nanti akan ikuti TBA (tarif batas atas) dan TBB (tarif batas bawah). Jadi supaya tidak melanggar yang digariskan pemerintah. Kalau bisa berikan biaya murah kenapa tidak," kata Edi di Stasiun Bandung, Rabu (2/1/2019).

Menurut dia, dibukanya KA tersebut upaya KAI memberikan akses kepada semua masyarakat. Angkutan massal kereta ini akan membantu, bukan bersaing dengan angkutan darat lainnya. Karena, saat ini terjadi peningkatan perjalanan.

Kendati kereta tersebut bernama KA Pangandaran, rute kereta api belum sampai ke Pangandaran. Masyarakat yang akan berwisata ke Pangandaran bisa melanjutkan perjalanan dari Stasiun Banjar ke Pangandaran sekitar 1 jam menggunakan mobil.

KA Pangandaran bakal mengangkut sekitar 520 penumpang. Informasi yang dihimpun, kereta tersebut akan memancarkan kelas eksekutif.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1638 seconds (0.1#10.140)