Jabar Quick Response Terima Hampir 40 Ribu Pengaduan

Senin, 31 Desember 2018 - 01:08 WIB
Jabar Quick Response Terima Hampir 40 Ribu Pengaduan
Program gerak cepat untuk menangani keluhan masyarakat Jawa Barat atau yang disebut Jabar Quick Response (JQR) sudah menerima 39.672 pengaduan. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Program gerak cepat untuk menangani keluhan masyarakat Jawa Barat atau yang disebut Jabar Quick Response (JQR) sudah menerima 39.672 pengaduan. Program yang dirintis Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini diluncurkan tepat pada 18 September 2018.

Menurut Hanief Mochammad selaku ketua Harian JQR, sistem yang dibangun oleh JQR semakin matang. "Sistem yang dibangun sudah sudah terintegrasi dengan sistem lapor, kemudian juga terintegrasi dari mulai pengaduan sampai penindakan," tuturnya, Minggu (30/12/2018).

Di beberapa daerah pun saat ini sudah dibangun quick response tingkat kabupaten dan kota. "Karena itulah kami akhirnya bisa mulai mengeksekusi kasus-kasus yang viral di tengah masyarakat," ujarnya.

Hanief mengaku, ekspekstasi masyarakat cukup besar untuk JQR. Setiap bulannya tim JQR menerima minimal 12.000 pengaduan. "Malah di bulan pertama dibentuknya JQR, kami menerima 24.000 pengaduan."

Tim JQR juga terus mengedukasi masyarakat tentang apa yang bisa diadukan dan apa yang tidak. Lambat laun masyarakat mulai paham tentang fungsi JQR.

"Kalau dulu pengaduan banyak tetapi penindakan minim karena kendala internal di pihak JQR itu sendiri seperti, kendala di anggaran, relawan, SDM dan lainnya. Sekarang terbalik, aduannya menurun tetapi penindakan meningkat. Per hari ada sekitar 12 kabupaten dan kota melakukan satu penindakan," lanjutnya.

Dia menambahkan, di Kota Bandung saja saat ini bisa mencapai lima kali penindakan, sehingga bila ditotal di seluruh Jawa Barat total per hari penindakan mencapai 20 kali. "Angka ini meningkat karena dahulu per hari kami hanya melakukan satu sampai dua kali penindakan," katanya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam kesempatan ekspose 100 hari Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat di Gedung Sate pada 28 Desember 2018 menyampaikan bahwa Jabar Quick Response merupakan program yang dinilai paling memuaskan.

"Saya nilai paling memuaskan dilihat dari antusiasnya masyarakat menyambut program ini (Jabar Quick Response). Jumlah pengaduan membeludak sampai 39.000 aduan," ungkap dia.

JQR didukung oleh 240 lebih relawan yang bekerja secara sukarela yang tersebar di seluruh Jawa Barat. Ke depan diharapkan program ini bisa secara mandiri diadopsi oleh kabupaten dan kota dengan koordinasi langsung di bawah bupati dan wali kota.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5388 seconds (0.1#10.140)