Pascatsunami Selat Sunda, Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran Turun

Minggu, 30 Desember 2018 - 17:43 WIB
Pascatsunami Selat Sunda, Kunjungan Wisatawan ke Pangandaran Turun
isatawan di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Akibat tsunami Selat Sunda, tingkat kunjung wisatawan ke Pangandaran turun. Foto/SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Bencana tsunami Selat Sunda berimbas terhadap kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pangandaran yang mengalami penurunan.

Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran Iwan M Ridwan mengatakan, salah satu penurunan kunjungan wisatawan tersebut merupakan dampak dari tsunami Selat Sunda. "Penurunan kunjungan wisatawan sangat drastis hingga 40 persen," kata Iwan, Minggu, (30/12/2018).

Akibat penurunan jumlah kunjungan wisatawan, Iwan mengaku berdampak terhadap tidak tercapainya target pendapatan asli daerah (PAD). "Karena pengunjung wisata menurun, dampaknya PAD dari sektor wisata juga ikut menurun," ujar dia.

Iwan menambahkan, dirinya pernah melakukan dialog dengan sejumlah pelaku usaha jasa wisata seperti restoran dan hotel. "Biasanya pelaku usaha jasa wisata meraih keuntungan dimusim libur panjang, namun saat ini penghasilan mereka jauh dari masa libur sebelumnya," tutur Iwan.

Iwan mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk meyakinkan kepada calon pengunjung bahwa Pantai Pangandaran aman dikunjungi.

"Mari kita netralisir informasi hoax yang berdampak pada ketakutan calon pengunjung wisata. Saat ini sejumlah obyek wisata di Kabupaten Pangandaran aman dikunjungi," ungkap Iwan.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3762 seconds (0.1#10.140)