Angka Kelahiran di Kabupaten Purwakarta Ditarget 1,4%

Minggu, 30 Desember 2018 - 17:48 WIB
Angka Kelahiran di Kabupaten Purwakarta Ditarget 1,4%
Salah satu kegiatan sosialisasi dalam upaya menekan angka kelahiran di Kabupaten Purwakarta digelar di Aula Yudistira, Seta Purwakarta. Foto/SINDOnews/Asep Supiandi
A A A
PURWAKARTA - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menargetkan angka kelahiran sebesar 1,4 %. Target tersebut di bawah angka nasional sebesar 2,4%.

Target tersebut merupakan respons dari pernyataan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika yang menyebut angka kelahiran di Purwakarta sebesar 20.000 per tahun.

Kepala DPPKB Purwakarta Nurhidayat jumlah angka kelahiran sebagaimana disebutkan Bupati itu bukan hanya warga Purwakarta. Akan tetapi banyak warga di luar daerah luar yang melahirkan di Purwakarta.

"Ya, itu proses kelahiran yang ada di Purwakarta, bukan hanya warga sini. Tapi ada juga warga ber-KTP luar Purwakarta banyak melahirkan di sini," kata Nurhidayat, Minggu (30/12/2018).

Hal itu, terang dia, dikarenakan Purwakarta merupakan wilayah industri dengan jumlah pendatang cukup banyak. "Wilayah kami ini merupakan daerah industri dan ada sebagian yang pekerjanya berasal dari luar Purwakarta," ujar dia.

Untuk menekan angka kelahiran, tutur Nurhidaya, DPPKB Purwakarta terus menyosialisasi program KB melalui tim penggerak PKK dan memanfaatkan pelayanan gempungan. Selain itu, meningkatkan kontrol melalui program ketahanan keluarga dan pembangunan kampung KB.

"Program peningkatan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), peningkatan ketahanan keluarga dan pembangunan kampung KB, yang terus bertambah di desa - desa," tuturnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0526 seconds (0.1#10.140)