Pemkab Karawang Dukung Kurikulum Kebencanaan

Minggu, 30 Desember 2018 - 15:14 WIB
Pemkab Karawang Dukung Kurikulum Kebencanaan
Anggota TNI mencari korban tsunami Selat Sunda di antara puing-puing bangunan yang roboh. Foto/ISTIMEWA
A A A
KARAWANG - Pemkab Karawang mendukung rencana pemerintah memasukkan kurikulum kebencanaan di sekolah. Kurikulum kebencanaan diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada siswa tentang cara mengantisipasi dan menanggulangi bencana, sekaligus lebih mencintai alam.

Untuk menyukseskan program tersebut, Dinas Pendidikan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang sudah mempersiapkan segala sesuatunya.

"Kami di daerah tentunya sangat mendukung program ini. Karena sangat prositif dan meningkatkan kepedulian siswa untuk menjaga alam dari bencana. Tapi ini kan baru intruksi Presiden. Kami mash menunggu dari Kementerian Pendidikan seperti apa," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang Teddy Ruspendi, Minggu (30/12/2018).

Teddy mengatakan pemerintah berharap pendidikan bencana di sekolah akan sangat berkaitan sekali dengan pendidikan lingkungan hidup. Hal tersebut tidak bisa dipisahkan.

"Sehingga generasi kita sangat paham. Bagaimana bencana ini sangat berkaitan dengan alam. Saya berharap bukan hanya diajarkan bagaimana mereka bisa bertahan saat kejadian, tetapi antisipasi kebencanaan berhubungan dengan alam juga harus diajarkan kepada mereka," tandas dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1002 seconds (0.1#10.140)