Jelang Malam Pergantian Tahun, Gunung Ciremai Diserbu Pendaki

Minggu, 30 Desember 2018 - 12:53 WIB
Jelang Malam Pergantian Tahun, Gunung Ciremai Diserbu Pendaki
Sejumlah pendaki di Pos Pendakian Palutungan kaki Gunung Ciremai. Foto/INewsTV/Toiskandar
A A A
KUNINGAN - Banyak cara untuk mengisi libur panjang dan menyambut malam pergantian tahun. Selain ke obyek wisata, tak sedikit pula yang mendaki gunung.

Salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki adalah Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan. Menjelang malam pergantian tahun, gunung yang memiliki tinggi 3.078 meter tersebut mulai diserbu para pendaki.

Sampai saat ini, Minggu (30/12/2018), jumlah pendaki ke Gunung Ciremai
meningkat dibandingkan hari biasa. Jumlah pendaki ke puncak Gunung Ciremai meningkat 40% dibanding Sabtu (29/12/2018). Total mencapai 450 orang lebih meningkat 500% dibanding hari biasa yang hanya 50 orang.

Mereka terlihat berkumpul di pos pendakian Palutungan, Kabupaten Kuningan. Meskipun cuaca kurang bersahabat, semangat para pendaki untuk mendaki Gunung Ciremai tak surut.

Para pendaki tersebut datang dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, dan Indramayu. Mereka akan naik ke puncak Gunung Ciremai dan menghabiskan malam pergantian tahun di sana.

Sebelum mendaki, mereka harus mendaftar terlebih dahulu di Pos Palutungan. Selain mengisi identitas diri, petugas juga memeriksa barang bawaan para pendaki dan diminta mematuhi aturan saat mendaki Gunung Ciremai.

Fahmi, salah seorang pendaki asal Jakarta mengaku baru pertama kali naik ke puncak Gunung Ciremai. Untuk persiapan naik gunung ciremai, dia berbekal stamina fisik dan bahan makanan yang cukup. "Saya mendaki gunung sama teman-teman untuk mengisi libur panjang dan menunggu pergantian tahun baru," kata Fahmi.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas ranger sudah ditempatkan di tiap pos pendakian. Selain itu, petugas juga mengimbau para pendaki selalu berhati-hati karena cuaca masih extrem.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.4164 seconds (0.1#10.140)