alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kepadatan Kendaraan di Lembang Diprediksi Terjadi Mulai Besok

Adi Haryanto
Kepadatan Kendaraan di Lembang Diprediksi Terjadi Mulai Besok
Wakapolres Cimahi Kompol Irwansyah terjun langsung mengatur arus kendaraan di Pertigaan Betrix Lembang, KBB. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Kepadatan kendaraan di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) diprediksi terjadi mulai besok. Arus kendaraan dipastikan terus bertambah dan bakal mencapai puncaknya pada malam pergantian tahun pada Senin (31/12/2018) lusa.

Kepala Seksi Bimbingan Keselamatan dari Dinas Perhubungan KBB Asep Siswandar mengatakan, kepadatan arus lalu lintas di kawasan Lembang telah terjadi sejak Jumat (28/12/2018) dan diprediksi puncaknya terjadi besok hingga malam Tahun Baru 2019.

"Jumlah kendaraan kemarin ada sebanyak 39.000 kendaraan, dan pada Kamis (27/12/2018) ada 33.000 kendaraan. Kendaraan paling banyak masih dari arah Bandung," ucapnya di Lembang, Sabtu (29/12/2018).



Dia menyebutkan, mayoritas kendaraan masih didominasi oleh kendaraan dari luar Bandung seperti Jakarta, Tasik, Jawa Timur, hingga Bali. Anggota kepolisian dari Polres Cimahi, Polsek Lembang, Polda Jabar, hingga Dinas Perhubungan Bandung Barat terus mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan panjang. Beberapa kali juga dilakukan contra flow oleh petugas kepolisian di Pertigaan Betrix.

Asep mengatakan, selain mobil, kendaraan roda dua pun ada hingga mencapai 5.000-6.000 kendaraan per harinya. Hari ini saja mulai pukul 08.00 sampai 13.00 WIB, jumlah kendaraan mencapai 15.000 lebih. Sedangkan dari arah Utara ke Bandung mencapai 7.850 kendaraan roda empat.

Wakapolres Cimahi Kompol Irwansyah menyebutkan pihaknya telah melakukan sistem one way (satu arah) per hari ini sebanyak delaoan kali hingga siang hari. Hal itu dilakukan karena kondisi dan situasi mulai padat.

Jumlah kendaraan yang masuk ke daerah Lembang, menurutnya, seimbang antara yang dari Bandung dan dari Subang. Ini dikarenakan telah dibukanya Tol Cipali sehingga kendaraan dari arah Subang pun banyak.

"Hari ini kendaraan lebih padat. Kami juga menambah personel di lapangan untuk atur arus lalu lintas sebanyak 70 personel dengan dibantu oleh Polda bagian lantas dan pramuka," katanya.



(zik)

loading...