Razia Narkoba di Tempat Hiburan, Empat Pria Diamankan

Sabtu, 29 Desember 2018 - 15:56 WIB
Razia Narkoba di Tempat Hiburan, Empat Pria Diamankan
Petugas Satres Narkoba Polrestabes Bandung memeriksa pengunjung di Diskotek Amnesia, Jalan Pasirkaliki dalam razia pada Sabtu (28/12/2018) dini hari. Foto-foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Empat pria diamankan oleh anggota Satuan Reserse Narkoba Polrestabes Bandung dalam razia di empat tempat hiburan malam di Kota Bandung, Sabtu (29/12/2018) dini hari.

Keempat pria itu diminta keterangan lebih intensif oleh penyidik karena diduga positif mengonsumsi narkoba. Dugaan positif narkoba tersebut muncul setelah dalam tes urin yang dilakukan petugas di tempat hiburan hasilnya mengandung zat memabukkan.

Razia yang digelar jajaran Satres Narkoba Polrestabes, Dokkpol, Sat Sabhara, Denpom Dam III/Siliwangi di empat tempat hiburan itu, dipimpin oleh Kasat Reserse Narkoba Polrestabes Bandung AKBP Irfan Nurmansyah. Kegiatan razia pertama dilakukan di sebuah tempat hiburan malam Wildly Project, Jalan RE Martadinata (Riau), Kota Bandung.

Razia Narkoba di Tempat Hiburan, Empat Pria Diamankan


Saat tiba di lokasi, petugas berbincang dengan pengelola tempat hiburan tersebut. Kemudian, anggota Satres Narkoba masuk ke dalam. Sedangkan anggota Sat Sabraha Polrestabes Bandung berjaga-jaga di luar.

Selain melakukan tes urin terhadap pengunjung, petugas juga menggeledah pakaian, tas, dompet, dan barang bawaan pengunjung. Di tempat hiburan ini, penyidik Satres Narkoba mengamankan seorang pria muda yang diduga positif menggunakan narkoba setelah melakukan tes urin.

Seusai di tempat hiburan ini, razia berlanjut ke Cinook, masih di Jalan RE Martadinata. Sama seperti di Wildly Project, petugas juga memeriksa barang bawaan, kondisi pengunjung dengan mengamati kornea mata mereka, dan melakukan tes urine. Di tempat ini pun petugas mengamankan seorang pria yang diduga positif mengonsumsi narkoba.

Setelah itu, petugas meluncur ke Pub & Karaoke Ubud, Jalan Terusan Ibrahim Adjie. Di tempat ini, petugas memeriksa seluruh pengunjung yang berada dalam kamar-kamar karaoke. Setelah tes urine dan pemeriksaan barang bawaan selesai, petugas mengamankan seorang pria yang diduga positif mengonsumsi obat penenang Benzodiazepine.

Namun kepada petugas, pria itu mengaku mengonsumsi Benzodiazepine karena menderita penyakit jantung. Itu dibuktikan oleh resep dokter. "Jantung saya sudah ring empat. Makanya saya minum obat itu," ujar pria berkaca mata tersebut.

Razia berakhir di Diskotek Amnesia, Jalan Pasir Kaliki, Kota Bandung. Di tempat hiburan ini, petugas juga melakukan pendataaan identitas, menggeledah seluruh pengunjung, memeriksa kondisi fisik mereka, dan melakukan tes urine.

Wakasat Reserse Narkoba Polrestabes Bandung Kompol I Nyoman Yudhana mengatakan, razia narkoba ini rutin dilaksanakan oleh jajaran dengan tujuan menekan tingkat peredaran narkotika, obat-obatan terlarang dan berbahaya, serta minuman beralkohol di Kota Bandung. "Ada empat orang yang kami amankan karena terindikasi positif narkoba," kata I Nyoman Yudhana, Sabtu (28/12/2018) dini hari.

Secara keseluruhan, ujar Nyoman, razia berjalan lancar. Tidak ditemukan pengunjung yang membawa narkoba. Keempat pria yang diduga mengonsumsi narkoba itu akan diperiksa intensif guna mendapatkan informasi mereka memperoleh narkoba dari siapa.

"Razia akan terus kami laksanakan sampai menjelang malam pergantian tahun. Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian Operasi Lilin Lodaya 2018," ujar Nyoman.

Razia Narkoba di Tempat Hiburan, Empat Pria Diamankan
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9643 seconds (0.1#10.140)