3.737 Siswa Dapat Beasiswa dari Pemkab Karawang

Jum'at, 28 Desember 2018 - 19:37 WIB
3.737 Siswa Dapat Beasiswa dari Pemkab Karawang
Bupati Karawang Cellica Nurachadiana didampingi Pimpinan BJB Arfandi (Kiri) saat memberikan beasiswa. Foto/SINDOnews/Nilakusuma
A A A
KARAWANG - Pemkab Karawang memberikan beasiswa kepada 3.737 pelajar dan mahasiswa kelahiran Karawang, Jumat (28/12/2018). Pemberian beasiswa ini merupakan program Karawang Cerdas yang bekerja sama dengan Bank Jabar Banten (bank bjb).

Pemberian beasiswa itu terdiri atas dua kategori, yaitu kategori prestasi dan jalur ekonomi tidak mampu. "Saya minta uang beasiswa tahun 2018 ini bukan digunakan untuk foya-foya. Jika terbukti untuk foya-foya, saya pastikan akan dicabut," kata Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana di acara launching program Karawang Cerdas, Gedung Singaperbangsa, Jumat (28/12/2018).

Bupati mengemukakan, pemberian beasiswa kepada 3.737 pelajar dan mahasiswa tersebut merupakan bentuk kepedulian Pemkab Karawang kepada warganya. Selama ini, Bupati selalu mendapat curahan hati (curhat) dari warga yang tidak mampu membiayai pendidikan anak-anaknya.

Dasar pemberian beasiswa, ujar Cellica, adalah Peraturan Bupati (Perbup) No. 66 Tahun 2018 Tentang Program Karawang Cerdas. Beasiswa ini diberikan kepada 150 mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta di Karawang.

Lalu, untuk 47 mahasiswa PTN di luar Karawang. Kemudian, beasiswa juga diberikan kepada 1.219 pelajar SMK dan 2.290 pelajar SMA di Karawang.

"Untuk pelajar, kami berikan sebesar Rp1,4 juta perorang. kami tahu, SMK dan SMA ini kewenangan provinsi. Namun saya tidak ingin pemerintah daerah hanya diam saja untuk warganya," ujar Bupati.

Sedangkan beasiswa untuk mahasiswa, tutur Cellica, salah satunya diberikan kepada seorang mahasiswa kelahiran Karawang yang berkuliah di luar negeri. "Untuk mahasiswa ini mendapatkan beasiswa Rp12 juta per tahun. Jadi, penerima beasiswa harus kelahiran Karawang," kata Cellica.

Sementara itu, Kepala Cabang Bank BJB Arfandy mengatakan, Pemkab Karawang memberikan program Karawang Cerdas kepada ribuan pelajar dan mahasiswa itu melalui rekening Bank BJB.

Selain itu Bank BJB juga kerap memberikan CSR untuk biaya sarana dan prasana bagi sekolah-sekolah di Karawang. "Bank BJB fokus mendukung kegiatan positif dalam dunia pendidikan. Kami juga memberikan pengelolaan keuangan kepada penerima beasiswa, melalui ATM khusus," kata Arfandi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0933 seconds (0.1#10.140)