alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Antisipasi Macet di Malam Tahun Baru, Polres Cirebon Rekayasa Jalur

Toiskandar
Antisipasi Macet di Malam Tahun Baru, Polres Cirebon Rekayasa Jalur
Puncak Bukit Gronggong yang berada di perbatasan antara Kabupaten Cirebon dan Kuningan. Foto/ISTIMEWA

CIREBON - Untuk mengantisipasi terjadi penumpukan kendaraan saat malam pergantian tahun baru, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Cirebon akan melakukan rekayasa arus di sejumlah titik.

Petugas akan melakukan penyekatan dan mengalihkan jalur bagi kendaraan besar, seperti truk, tronton, dan trailer, pada sore hari dan roda empat pada malam hari.

Di jalur menuju kawasan wisata Gronggong, petugas juga akan menempatkan anggota di pintu keluar Tol Ciperna agar arus kendaraan terus mengalir dan tidak stuck. Petugas juga ditempatkan di pertigaan Kalitanjung, jalur pantura Weru, dan Tengah Tani.



Kasatlantas Polres Cirebon AKP Ahmat Troy mengatakan, Satlantas Polres Cirebon pun berkoordinasi dengan daerah terkait, seperti Kota Cirebon dan Kabupaten Kuningan.

"Khusus di jalur wisata Gronggong, petugas akan melakukan rekayasa arus dan penyekatan bagi kendaraan besar agar tidak menuju arah kawasan itu pada sore hari 31 Desember 2018. Sedangkan untuk mobil pribadi, petugas akan mengalihkannya ke arah Talun, Sumber, dan keluar di jalur menuju Gronggong," kata Ahmat.

Ahmat mengemukakan, petugas juga akan memasang sejumlah rambu dan pengarah jalan, serta menempatkan anggota di setiap persimpangan untuk melancarkan arus kendaraan.

"Bahkan petugas juga akan melakukan razia kendaraan agar benda-benda berbahaya tidak masuk ke area yang menjadi simpul perayaan pergantian tahun," ujar Kasatlantas.

Saat ini, tutur dia, petugas terus menyelaraskan rekayasa arus dengan dua wilayah tetangga, Kota Cireobn dan Kabupaten Kuningan. Petugas juga mengimbau masyarakat yang hendak merayakan pergantian tahun untuk bisa tertib berlalu lintas dan mengikuti arahan petugas.



(awd)

loading...