Serahkan Bantuan, Emil Berharap Tsunami Tak Terjadi Lagi

Kamis, 27 Desember 2018 - 19:11 WIB
Serahkan Bantuan, Emil Berharap Tsunami Tak Terjadi Lagi
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahkan bantuan yang tunai sebesar Rp1 miliar kepada Pemkab Lampung Selatan, Kamis (27/12/2018). Foto-foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan bantuan penanganan dampak bencana sebagai wujud kepedulian Pemprov Jabar dan masyarakat kepada korban bencana tsunami di Provinsi Lampung dan Banten.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil saat meninjau langsung kondisi korban di Posko Bencana, Jalan Raden Inten dan RSUD dr H Bob Bazar, Jalan Batin Tjindar Bumi, Kalianda, Lampung Selatan, Kamis (27/12/2018).

Didampingi istri Atalia Praratya Kamil, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Dicky Saromi, dan Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Emil memberikan semangat dan berharap korban selamat dan masyarakat luas mengambil hikmah dari bencana tersebut.

"Kami turut prihatin dan berduka atas kejadian tsunami. Saya hari ini membawa bantuan ke Pemkab Lampung Selatan kemudian ke Banten juga," kata Emil dalam siaran persnya yang diterima Kamis (27/12/2018).

Atas nama Pemprov dan masyarakat Jabar, Emil menyerahkan langsung bantuan tanggap darurat kemanusiaan senilai Rp1 miliar kepada Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

"Untuk Lampung Selatan dari Pemprov Jabar saya menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk tanggap darurat sebesar Rp1 miliar dalam bentuk uang yang nanti oleh tim dari sini silakan dibelanjakan untuk apa saja yang sekiranya urgent," tutur Emil.

Menurut Emil, bantuan tersebut merupakan bentuk solidaritas dan cinta warga Jabar pascatsunami di Lampung Selatan yang menurut data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), memakan korban meninggal dunia mencapai 115 orang.

"Ini rasa solidaritas dan cinta kami kepada tetangga kami, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan. Kita doakan semoga bisa kembali normal sambil tetap waspada agar kejadian seperti ini tidak terulang dan mendapatkan hikmah," tuturnya.

Usai meninjau posko bencana, Emil beserta rombongan melihat kondisi korban luka yang ditangani dokter dan relawan di RSUD dr H Bob Bazar di Jalan Batin Tjindar Bumi, Kalianda. Kebanyakan korban menderita patah tulang. Di ruang trauma healing, Emil dan istrinya sempat bercengkrama dan bermain dengan anak-anak yang kehilangan orang tuanya.

Selain telah menerjunkan anggota BPBD Jabar ke lokasi bencana, Emil mengaku, siap mengirimkan tenaga kesehatan. Bahkan, kepada Plt Bupati Lampung Selatan, Emil menyatakan, siap menambah bantuan dana bila dibutuhkan.

"Nanti dalam perjalanannya kalau bantuan ini masih kurang, silakan koordinasi dan akan kita tambah. Sumber dana ini dari APBD dana tidak terduga," sebut Emil.

Lebih jauh Emil mengatakan, tidak hanya Lampung dan Banten, Jabar juga merupakan daerah rawan bencana tsunami, gempa, longsor, dan banjir yang bisa terjadi setiap saat.

Karenanya, kata Emil, Pemprov Jabar kini tengah menyiapkan blue print kebencanaan atau resilliance province bekerja sama dengan pemerintah Jepang.

Menurut Emil, Jepang yang juga negara kepulauan dan berpotensi besar mengalami kejadian bencana alam telah berhasil menerapkan program pencegahan dan penanganan kebencanaan.

"Kami ingin belajar kenapa masyarakat Jepang lebih cerdas, tanggap terhadap bencana dan korbannya selalu sedikit dengan skala bencana yang sama. Jadi kalau Jabar nanti bisa, Lampung dan Banten juga bisa bersama-sama," katanya.

Seusai peninjauan di Lampung Selatan, Emil bertolak ke Banten menggunakan helikopter untuk menyerahkan bantuan serupa.

Serahkan Bantuan, Emil Berharap Tsunami Tak Terjadi Lagi
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2539 seconds (0.1#10.140)