Libur Panjang, Kurangi Mengamati Akun Medsos Orang Lain

Kamis, 27 Desember 2018 - 13:54 WIB
Libur Panjang, Kurangi Mengamati Akun Medsos Orang Lain
Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian yang dilakukan University of Copenhagen, Denmark, menyebut bahwa tidak disarankan menghabiskan waktu berliburan di depan komputer atau gadget dan mengamati media sosial seperti Facebook.

Sebab, tanpa disadari, terlalu lama menggunakan Facebook, menyaksikan foto-foto keluarga lain, teman, atau kerabat yang tengah berlibur tidak menyehatkan bagi mental. Hal ini terbukti melalui pengamatan terhadap lebih dari 1.000 partisipan yang didominasi wanita.

Hasilnya, ditemukan penggunaan media sosial (medsos) secara rutin menyebabkan efek negatif terhadap kesejahteraan emosional dan kepuasan hidup seseorang. Ini tak lain disebabkan karena hanya mengamati postingan foto dan status teman atau kerabat yang tengah berlibur akan menimbulkan perasaan iri.

Namun, berbeda halnya jika Anda aktif mengobrol dengan teman di media sosial yang bisa memberikan efek yang lebih positif dibandingkan hanya melihat akun media sosial milik orang lain.

Dilansir BBC, untuk mengembalikan kesejahteraan emosional, para peneliti menyarankan untuk berhenti menggunakan media sosial sejenak, minimal selama sepekan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5389 seconds (0.1#10.140)