Liburan, Waspadai Titik-titik Rawan Longsor di Jabar

Rabu, 26 Desember 2018 - 22:52 WIB
Liburan, Waspadai Titik-titik Rawan Longsor di Jabar
Jalan raya Malangbong sempat tertutup material longsor dari tebing setinggi 20 meter dan lebar 15 meter beberapa hari lalu. Foto/ISTIMEWA
A A A
BANDUNG - Musim libur Natal dan Tahun Baru bersamaan dengan libur sekolah, biasanya diisi dengan berwisata ke sejumlah destinasi menarik. Bagi Anda yang ingin berwisata di Jawa Barat, sebaiknya waspadai titik-titik rawan longsor.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar Kombes Pol Prahoro Tri Wahyono mengatakan, di Jawa Barat terdapat beberapa jalur rawan longsor yang harus diwaspadai. Apalagi saat sedang musim hujan.

"Saat musim hujan, jalur arteri khususnya di Bopuncur (Bogor-Puncak-Cianjur) rawan longsor. Di selatan Jabar, Garut, Tasikmalaya, Gentong, dan seterusnya. Kalau jalan alternatif, berada di Cilawu, Garut, dan Kabupaten Tasikmalaya," kata Prahoro.

Untuk mengantisipasi kerawanan itu, ujar Prahoro, Dirlantas Polda Jabar telah berkoordinasi dengan instansi terkait di setiap jalur yang dinilai rawan itu.

"Kami siagakan alat berat untuk mengantisipasi. Di situ didirikan pospam (pos pengamanan). Kalau terjadi longsor, langkah antisipasi dan penanganan bisa segera dilakukan," ujar Dirlantas.

Sementara itu, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman, Kepala Staf Kodam (Kasdam) III/Siliwangi Brigjen TNI Nurchahyanto, dan Dirut PT KAI Edi Sukmoro mengecek jalur kereta api di wilayah Jawa Barat, Rabu (26/12/2018).

Pengecekan dimulai dari Stasiun Bandung pada pukul 06.30 WIB. Selanjutnya ke Stasiun Kiaracondong pada pukul 06.40 WIB. Inspeksi dilanjutkan menggunakan Kereta Inspeksi PT KAI menuju Stasiun Tasikmalaya yang memakan waktu sekitar 2,5 jam.

"Inspeksi jalur kereta api ini dilakukan selain untuk melihat langsung pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat pengguna KA juga untuk memberi jaminan kepada masyarakat bahwa fasilitas dan jalur kereta aman untuk digunakan selama libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019," kata Wakapolda Jabar Brigjen Pol Supratman.

Liburan, Waspadai Titik-titik Rawan Longsor di Jabar
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2718 seconds (0.1#10.140)