Jokowi: Bendungan Ciawi dan Sukamahi Kurangi 30% Banjir Jakarta

Rabu, 26 Desember 2018 - 20:13 WIB
Jokowi: Bendungan Ciawi dan Sukamahi Kurangi 30% Banjir Jakarta
Presiden Jokowi didampingi Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai meninjau proyek Bendungan Sukamahi, Rabu (26/12/2018). Foto/Istimewa
A A A
BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, proyek Waduk Ciawi dan Sukamahi yang ditargetkan selesai 2019 akan dapat mengurangi banjir di DKI Jakarta hingga 30%.

Hal itu dikatakan Jokowi seusai meninjau proyek pembangunan Bendungan Sukamahi di Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Rabu (26/12/2018). Turut mendampingi Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ini (bendungan) salah satunya untuk mengantisipasi banjir di Jakarta. (Bendungan) Ciawi dan Sukamahi ini akan bisa mengurangi banjir (Jakarta) hingga 30%," kata Jokowi dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Rabu (26/12/2018).

Meski begitu, ujar Jokowi, penanganan persoalan banjir Jakarta perlu sinergitas dan harus dilakukan secara menyeluruh. Dengan begitu, tindakan pencegahan tidak hanya dilakukan di bagian hulu, namun juga di hilir.

"Di hulu seperti pembangunan Waduk Sukamahi dan Ciawi ini. Di hilirnya, seperti di Ciliwung, ada sodetan Ciliwung ke BKT (Banjir Kanal Timur), pembuatan sumur resapan, dan drainase-drainase dibersihkan. Kalau semuanya dikerjakan, Insya Allah akan mengurangi (banjir) banyak," ujar Presiden.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum berharap, proyek Bendungan Ciawi dan Sukamahi segera selesai. "Mudahan-mudahan dua bendungan yang tadi dilihat segera diselesaikan dengan waktu yang sudah ditentukan," tutur Uu.

Menurut Uu, kedua bendungan tersebut tidak hanya akan memberikan manfaat untuk masyarakat Jabar, namun bisa memberikan efek domino bagi warga DKI Jakarta.

Uu juga menginginkan, kehadiran Bendungan Ciawi dan Sukamahi memberikan nilai tambah ekonomi dan menjadi tempat wisata baru bagi masyarakat.

Diketahui, Bendungan Sukamahi memiliki luas 46,69 hektare yang meliputi empat desa di Kabupaten Bogor, yaitu Desa Sukamahi, Desa Gadog, Desa Sukamaju, dan Desa Sukakarya. Progres pengerjaan fisik per 26 Desember 2018 sudah mencapai 15 persen dari rencana 14,749% pada 2018.

Sementara Bendungan Ciawi memiliki luas 76,60 hektare ang meliputi empat desa di Kabupaten Bogor, yaitu Desa Gadog, Desa Cipayung, Desa Kopo, dan Desa Sukakarya. Progres pengerjaan fisik per 26 Desember 2018 sudah mencapai 9% dari rencana 17,44% pada 2018.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6717 seconds (0.1#10.140)