Kini, Bandung-Tasikmalaya Bisa Ditempuh Gunakan Kereta Galunggung

Rabu, 26 Desember 2018 - 10:32 WIB
Kini, Bandung-Tasikmalaya Bisa Ditempuh Gunakan Kereta Galunggung
PT KAI meluncurkan Kereta Api Galunggung untuk melayani perjalanan dari Stasiun Kiaracondong (Bandung) ke Tasikmalaya (PP). Foto/SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka perjalanan kereta baru jurusan Bandung-Tasikmalaya (PP) mulai Rabu, (26/12/2018). Kereta tersebut bakal menempuh perjalanan 3,5 jam.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, KA Galunggung merupakan kereta ekonomi yang melayani penumpang dengan relasi dari Stasiun Kiaracondong-Tasikmalaya (PP). Untuk jalur ini, KAI menyiapkan enam unit kereta ekonomi dengan kapasitas 636 tempat duduk.

"KA Galunggung kami luncurkan untuk mendukung sarana angkutan Natal dan Tahun baru 2018/ 2019. Kami mengimbau kepada seluruh penumpang KA Galunggung untuk tetap memperhatikan ketertiban dan keamanan baik ketika d stasiun maupun di dalam kereta," jelas Edi di sela-sela perjalanan perdana KA Galunggung di Stasiun Kiaracondong.

Dia berharap, KA tersebut menjadi salah satu alternatif transportasi bagi masyarakat Jawa Barat. Dari sisi potensi, kata dia, cukup bagus. Selama ini, Tasikmalaya dikenal sebagai daerah penghasil kerajinan. Pembukaan KA diharapkan memudahkan pelaku usaha membawa barangnya ke Bandung.

Menurutnya, nama kereta ini diambil dari nama gunung yang berada di Kabupaten Tasikmalaya. Gunung dengan ketinggian 2.168 mdml (di atas permukaan laut) ini merupakan salah satu gunung berapi aktif yang ada di Jawa Barat.

Keberangkatan KA Galunggung dari Stasiun Kiaracondong pada pukul 06.05 WIB. Kereta ini bakal berhenti di sembilan stasiun, seperti Cimekar, Cibatu, Rancaekek, Leles, Cicalengka, Ngaret, dan Cipendeuy. Sementara, perjalanan dari Tasikmalaya ke Kiaracondong dilayani pada pukul 10.35. WIB.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9061 seconds (0.1#10.140)