Sekda Jabar Pastikan Dana Bantuan Bencana Tsunami Segera Diserahkan

Selasa, 25 Desember 2018 - 20:51 WIB
Sekda Jabar Pastikan Dana Bantuan Bencana Tsunami Segera Diserahkan
Sekda Jabar Iwa Karniwa. Foto/SINDONEWS/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa memastikan, Pemprov Jabar segera menyerahkan dana bantuan penanganan dampak bencana tsunami yang terjadi di pesisir Selat Sunda, Minggu 23 Desember 2018 lalu.

Menurut Iwa, dana bantuan tersebut akan diambil dari Pos Belanja Bantuan Tak Terduga APBD Jabar 2018 yang pada pekan lalu masih tersisa Rp45,5 miliar. Sehingga, slot anggaran bagi penanganan dampak bencana di Provinsi Banten dan Lampung tersebut sudah tersedia. "Slotnya masih ada," kata Iwa, Selasa (25/12/2018).

Iwa juga mengatakan, dirinya telah menerima perintah langsung dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil untuk menyiapkan dana bantuan tersebut.

"Saya selaku Sekda sudah mendapatkan perintah dari Pak Gubernur. Nanti penyerahan dan besarannya berapa dan kapan, akan disampaikan langsung Pak Gubernur untuk Provinsi Banten dan Lampung," terang Iwa.

Berdasarkan perintah tersebut, Iwa juga mengaku, sudah meminta Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk melakukan koordinasi dengan Pemprov Banten dan Lampung terkait administrasi keuangan bantuan tersebut.

"Dari sisi waktu juga masih memungkinkan kami memberikan bantuan, masih ada waktu karena ini sifatnya darurat bencana, masih bisa," katanya.

Iwa juga memastikan, para pejabat di lingkungan BPKAD, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait layanan publik tidak mengambil cuti pada libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019 ini. Mereka diharuskan siaga di Bandung setiap saat.

"Selain Natal dan Tahun Baru, tahapan pilpres (pemilihan presiden) juga sudah berjalan. Kami juga mengantisipasi informasi bencana, jadi standby, teman-teman tidak longweekend," tandas Iwa.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan, selain bantuan logistik, Pemprov Jabar juga akan memberikan bantuan secara khusus seperti saat terjadi gempa di Lombok dan Palu, beberapa waktu lalu.

"Insya Allah dalam waktu dekat bantuan-bantuan logistik juga akan kami kirim karena bagaimana pun sangat (Banten dan Lampung dekat dengan Jawa Barat, karena tetangga kami juga," kata Gubernur.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.9580 seconds (0.1#10.140)