Material Longsor Dibersihkan, Jalur Malangbong Bisa Dilalui

Selasa, 25 Desember 2018 - 15:18 WIB
Material Longsor Dibersihkan, Jalur Malangbong Bisa Dilalui
Kendaraan elf dan sepeda motor melintasi jalur raya Malangbong-Bandung yang telah dibersihkan dari material longsor. Foto: ISTIMEWA
A A A
GARUT - Jalan raya Malangbong yang menghubungkan Kota/Kabupaten Bandung dengan Garut telah bisa dilalui setelah petugas gabungan selesai membersihkan jalan dari material longsor sekitar pukul 12.00 WIB.

Pembersihan material longsor dari tebing setinggi 20 meter dan lebar 15 meter itu dilakukan oleh petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar, Garut, Polres Garut, dan Dinas Bina Marga Jabar dan Perumahan Rakyat Jabar.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, longsor yang berlokasi di Kampung Pangkalan, Desa Sukaratu, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut itu sempat membuat jalan raya Malangbong-Bandung tertutup dan menyebabkan arus lalu lintas dari kedua arah, baik ke arah Bandung maupun Garut, terganggu.

Upaya dilakukan Kapolres Garut Polda Jabar AKBP Budi Satria Wiguna, kata Truno, berkoordinasi dengan Dinas PUPR, BPBD, dan Damkar beserta masyarakat untuk melaksanakan pengaturan dan mengevakuasi material yang menghambat laju kendaraan.

"Upaya itu berhasil sekitar pukul 12.00 WIB. Kini, jalan yang terkena longsor telah bersih dari material dan dapat dilalui kembali oleh kendaraan baik motor maupun mobil," kata Truno.

Seperti diberitakan, tebing setinggi 20 meter longsor pada Selasa (25/12/2018) sekitar pukul 04.00 WIB. Beruntung peristiwa tersebut tak menimbulkan korban, baik jiwa, luka-luka, maupun materi.

Namun longsor yang menutup jalan itu menyebabkan kemacetan arus lalu lintas dari kedua arah, baik Garut ke Bandung maupun sebaliknya.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Budi Budiman mengatakan, longsor tebing setinggi 20 meter tersebut terjadi akibat curah hujan cukup tinggi yang mengguyur kawasan itu dari siang, sore, hingga malam.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5225 seconds (0.1#10.140)