Tebing 20 Meter Longsor, Jalan Raya Malangbong Tertutup

Selasa, 25 Desember 2018 - 12:16 WIB
Tebing 20 Meter Longsor, Jalan Raya Malangbong Tertutup
Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
GARUT - Jalan Raya Malangbong-Bandung, tepatnya Desa Sukaratu, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut tertutup material longsor.

Tanah longsor dari tebing setinggi 20 meter tersebut terjadi pada Selasa (25/12/2018) sekitar pukul 04.00 WIB. Beruntung peristiwa tersebut tak menimbulkan korban, baik jiwa, luka-luka, maupun materi.

Namun longsor yang menutup jalan itu menyebabkan kemacetan arus lalu lintas dari kedua arah, baik Garut ke Bandung maupun sebaliknya.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Budi Budiman mengatakan, longsor tebing setinggi 20 meter tersebut terjadi akibat curah hujan cukup tinggi yang mengguyur kawasan itu dari siang, sore, hingga malam.

"Akibat longsor ini, dampak yang ditimbulkan adalah Jalan Raya Malangbong–Bandung tertutup oleh material longsoran tebing setinggi 20 meter dan lebar 15 meter," kata Budi.

Untuk mengatasi longsor tersebut, ujar Budi, BPBD Jabar dan BPBD Garut, serta Kantor SAR Bandung berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Jabar untuk mengerahkan berat ke lokasi kejadian.

"Kemudian BPBD Jabar dan BPBD Garut melakukan pembersihan jalan dari material longsor secara manual agar kendaraan bisa melintas. Namun saat ini arus lalu lintas masih buka tutup," ujar dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2955 seconds (0.1#10.140)