2.400 Personel Siap Amankan Natal-Tahun Baru di Kota Bandung

Senin, 24 Desember 2018 - 17:46 WIB
2.400 Personel Siap Amankan Natal-Tahun Baru di Kota Bandung
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema (kanan), Wakil Wali Kota Yana Mulyana (tengah), dan Dandim 0618/BS Kolonel Arifin Dahlan (kiri). Foto/SINDONews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Sebanyak 2.400 personel gabungan dari Polrestabes Bandung, Komando Distrik Militer (Kodim) 0618/Berdiri Sendiri (BS) Kota Bandung, dan instansi terkait Pemkot Bandung, dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di Kota Bandung.

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema mengatakan, personel Polri dan TNI menjaga titik-titik rawan, seperti pusat keramaian dan destinasi wisata. Selain itu, sebagian ditugaskan menjaga tempat-tempat ibadah umat Kristiani.

Terdapat enam gereja besar yang menjadi prioritas pengamanan, kata Irman, salah satunya Gereja Katedral Santo Petrus, Jalan Merdeka, Kota Bandung. Begitu juga gereja-gereja kecil diamankan oleh polisi dan anggota TNI.

"Jumlah personel yang disiagakan di masing-masing gereja berbeda. Gereja besar dengan umat banyak, dijaga oleh lebih dari 10 personel. Sedangkan gereja kecil dijaga oleh satu atau tiga personel. Pengamanann dilakukan secara terbuka dan tertutup," kata Irman didampingi Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulayana dan Kodim 0618/BS Kolonel Arifin Maulana di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Senin (24/12/2018).

Sehari sebelum perayaan Natal, ujar Irman, Polrestabes Bandung melakukan sterilisasi gereja dengan menugaskan tim Penjinak Bahan Peladak (Jihandak) Brimob Polda Jabar dan Polisi Satwa (Polsatwa) atau K-9. Mereka menyisir setiap sudut gereja guna mengantisipasi teror bom.

"Kami juga melakukan patroli ke beberapa gereja besar dan pusat keramaian di Kota Bandung. Ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang melaksanakan misa Natal," ujar Kapolrestabes.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengimbau, masyarakat untuk turut menjaga kondusivitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) Kota Bandung.

"Mari jaga Kota Bandung agar tetap kondusif, bagi siapapun. Sehingga saudara-saudara kita yang merayakan Natal merasa aman, nyaman, dan tenang," kata Yana.

Sementara itu, Polda Jabar mengerahkan 24.000 personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah Jawa Barat. Untuk Natal, pengamanan difokuskan di tempat-tempat peribadahan umat Kristiani yang berjumlah 600 lebih gereja.

"Untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru, Polda Jabar menggelar Operasi Lilin Lodaya 2018," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, Senin (24/12/2018).

Operasi itu, ujar Truno, lebih diutamakan melakukan langkah preemtif dan prefentif. Kerawanan yang diwaspadai adalah teror. Karena itu, sebelum misa Natal digelar, sehari sebelumnya, personel Polda Jabar melakukan sterilisasi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0790 seconds (0.1#10.140)