BMKG: Kecepatan Angin di Ciayumajakuning di Atas Normal

Jum'at, 03 Agustus 2018 - 14:38 WIB
BMKG: Kecepatan Angin di Ciayumajakuning di Atas Normal
BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, Kabupaten Majalengka. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
MAJALENGKA - Setelah pekan lalu diterjang cuaca dingin di bawah normal, kini giliran angin kencang yang terjadi di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning). Tidak tanggung-tanggung, terhitung sejak Kamis (2/8/2018) malam, kecepatan angin di wilayah tersebut berada di atas normal.

Dari data yang ada di BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, kecepatan angin hari ini berada di angka 22 knot. "Kecepatan maksimum 22 knot atau 40 km per jam. Dalam kondisi normal di angka 10 knot," kata Forecaster BMKG Jatiwangi Ahmad Faa Iziyn di Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Jatiwangi, Jalan Letda A. Arzain, Jatiwangi, Jumat (3/8/2018).

Kencangnya kecepatan angin tersebut, jelas dia, berdampak terhadap gelombang laut di perairan Indramayu dan Cirebon. Kondisi itu diprediksi terjadi hingga tiga hari ke depan.

"Tiga hari ke depan masih kayak gini. Ini bisa meningkatkan tinggi gelombang. Ketinggian gelombang di perairan Cirebon dan Indramayu maksimum 2 meter. Normalnya di angka 1 meter," jelas dia.

"Ini biasa disebut juga dengan angin kumbang. Ini biasa terjadi ketika musim kemarau, dari Juli sampai Oktober. Sepanjang periode itu, kecepatan angin seperti sekarang akan sering terjadi, tapi memang tidak terjadi setiap hari," lanjut dia.

Ahmad menjelaskan, kondisi itu sejatinya terjadi di semua daerah di Pulau Jawa. Namun, khusus untuk Ciayumajakuning, kecepatan angin terasa lebih tinggi dibanding daerah lainnya. Faktor geografis menjadi pemicu angin di wilayah itu jauh lebih kencang.

"Di Ciayumajakuning lebih kencang, karena ada Gunung Ciremai. (Angin) datang dari selatan, naik gunung, yang kemudian turunnya semakin kencang," jelas dia. (Baca Juga: Pohon Tumbang Timpa Mobil dan Motor, Satu Tewas(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8378 seconds (0.1#10.140)