alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Diduga Mudik, Pemotor, Mobil, dan Travel dari Jabodetabek Diputar Balik di Cirebon

Toiskandar
Diduga Mudik, Pemotor, Mobil, dan Travel dari Jabodetabek Diputar Balik di Cirebon
Petugas memutar balik pemotor dari Jabodetabek yang terindikasi hendak mudik ke Jawa. Foto/INEWSTv/Toiskandar

CIREBON - Untuk meminimalisir pergerakan pemudik dari Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) menuju Jawa, petugas gabungan di Kabupaten Cirebon mengintensifkan pemeriksaan kendaraan di ruas jalan tol dan arteri jalur pantura, Senin (18/5/2020).

Dalam kegiatan ini, petugas masih menemukan kendaraan baik motor, mobil, maupun travel gelap yang terindikasi melakukan perjalanan mudik. Petugas pun tegas memerintahkan pengendara memutar balik kendaraannya. Para pelanggar larangan mudik itu rata-rata mengendarai sepeda motor.

Seperti terlihat di ruas jalur pantura, Susukan, Kabupaten Cirebon. Sejumlah kendaraan sepeda motor yang melaju dari Jakarta menuju Jawa ini dihentikan dan diminta menepi oleh petugas gabungan.



Petugas memeriksa kesehatan pengendara yang berasal dari Jabodetabek dan menanyakan tujuan melakukan perjalanan. Di jalur pantura ini, sejumlah kendaraan baik roda empat dan roda dua yang terindikasi melakukan perjalanan mudik diputar balik kembali menuju arah Jakarta.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Cirebon Kompol Elsie Fitria Anggraini mengatakan, penjagaan ketata tak hanya dilakukan di jalur arteri.

Petugas, kata Elsie, juga mengintensifkan pemeriksaan kendaraan dan penumpang di gerbang Tol Palimanan. Setiap kendaraan yang melewati pintu pembayaran tol, langsung diperiksa dan petugas mengecek suhu tubuh pengendara.

"Hasilnya, petugas menemukan sejumlah kendaraan pribadi dan travel gelap terindikasi membawa pemudik dan langsung dikawal untuk kembali ke arah Jakarta," kata Elsie.

Kasatlantas mengemukakan, dalam pemeriksaan yang dilakukan di wilayah cek point bagian barat dan tengah, petugas menemukan sejumlah kendaraan pemudik motor yang hendak mengarah ke Jawa.

Sedangkan di gerbang tol, petugas memutar balik tujuh kendaraan yang diketahui melakukan perjalanan mudik. Upaya ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 dari episentum ke daerah-daerah asal perantau.

"Petugas gabungan berupaya mengintensifkan pemeriksaan kendaraan menjelang lebaran. Kami akan memerintahkan pengendara putar balik jika terbukti melakukan perjalanan mudik," ujar Kasatlantas.



(awd)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak