Terduga Teroris yang Ditangkap di Gedebage Anak Buah Aman Abdurrahman

Jum'at, 03 Agustus 2018 - 14:00 WIB
Terduga Teroris yang Ditangkap di Gedebage Anak Buah Aman Abdurrahman
Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto memberikan keterangan seusai Apel Siaga Among Raga Lodaya 2018 di Lapangan Gasibu, Jumat (3/8/2018). Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto membenarkan salah satu dari tiga terduga teroris yang ditangkap tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror di sebuah perumahan di kawasan Cimincrang, Gedebage, Kota Bandung pada Rabu 1 Agustus 2018, petang, merupakan anak buah Aman Abdurrahman, terpidana mati kasus terorisme.

"Itu (dugaan salah satu terduga teroris yang ditangkap di Gedebage merupakan anak buah Aman Abdurrahman), temen-temen Densus yang melakukan pendalaman dan pemeriksaan. Kami ikut membantu menangkap saja. Yang pasti, ketiga terduga teroris itu termasuk JAD (Jamaah Ansharut Daulah) di Jabar," kata Agung, Jumat (3/8/2018).

Penangkapan terhadap JR (23), RH (21), dan TB (25) itu, ujar Agung, merupakan langkah antisipasi atas potensi serangan teroris. Sebab, lokasi tempat tinggal tiga terduga teroris tersebut berdekatan dengan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Gedebage dan Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung. Stadion GBLA merupakan tempat berlatih para atlet Asian Games 2018.

Meski begitu, bukan berarti dua objek vital tersebut jadi sasaran teroris. Namun, GBLA dan Polda Jabar memiliki potensi menjadi sasaran. "GBLA tempat latihan atlet kan. Karena ada potensi (jadi sasaran teroris), maka kami ambil (diamankan) dulu supaya tidak ada hal yang tidak kami inginkan terjadi," ujar Agung.

Disinggung tentang nasib sejumlah anak kecil di rumah yang ditempati tiga terduga teroris, Agung menuturkan, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Sosial Kota Bandung dan Jabar. "Itu kan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) dinsos," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap, JR (23), RH (21), dan TB (25) tiga terduga teroris di Kelurahan Cimincrang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Rabu (1/8/2018) petang. Ketiga pria itu diduga anggota jaringan teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Bahkan salah seorang di antaranya diduga merupakan murid Aman Abdurrahman, terpidana mati kasus terorisme.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7273 seconds (0.1#10.140)