Emil Serah Terimakan Puluhan Unit Bus Hibah dari Kemenhub

Rabu, 19 Desember 2018 - 18:48 WIB
Emil Serah Terimakan Puluhan Unit Bus Hibah dari Kemenhub
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyerahterimakan puluhan unit bus hibah dari Kemenhub di Halaman Gedung Sate, Rabu (19/12/2018). Foto-Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara simbolis menyerahterimakan puluhan unit bus kepada sejumlah pemerintah kabupaten/kota di Jabar.

Para penerima bus tersebut, yakni Pemerintah Kabupaten Pangandaran, Kuningan, Garut, Ciamis, Tasikmalaya, Cianjur, dan Indramayu serta Pemerintah Kota Bekasi, Tasikmalaya, dan Banjar.

Puluhan unit bus yang terdiri dari 50 unit bus rapid transit (BRT) dan 17 unit bus sekolah itu merupakan hibah yang diterima Pemprov Jabar dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Serah terima bus dilakukan seusai Upacara Peringatan Hari Bela Negara, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Nusantara Tingkat Jabar Tahun 2018 di Halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (19/12/2018)

"Alhamdulillah, Pemprov Jabar melalui Dinas Perhubungan menyerahkan hibah BRT dan bus sekolah dari Kementerian Perhubungan," ungkap Gubernur yang akrab disapa Emil itu.

BRT merupakan moda transportasi massal berkonsep pelayanan khusus dan berbiaya terjangkau dengan sistem pembayaran di halte bus. BRT memiliki jalur khusus, halte tertutup, dan sistem informasi khusus bagi penumpang.

Sedangkan bus sekolah digunakan untuk menunjang operasional pelajar. Bus sekolah hibah dari Kemenhub itu juga diberikan kepada perguruan tinggi, yayasan, dan pesantren di Jabar.

Emil berharap, kehadiran puluhan unit bus hibah itu menjadi salah satu solusi untuk memecahkan kepadatan lalu lintas dan menekan polusi udara di wilayah perkotaan.

"Outputnya bisa mewujudkan pelayanan yang cepat, nyaman, aman, terjangkau dan tentunya untuk mengurangi kemacetan dan polusi," katanya.

Dalam kesempatan itu, Emil juga mengatakan, Pemprov Jabar dalam waktu dekat akan kembali menghibahkan bus pariwisata bagi 27 kabupaten/kota di Jabar. Hibah bus pariwisata tersebut dalam rangka mewujudkan Jabar sebagai provinsi pariwisata.

"Akhir bulan ini kita juga akan menyerahkan bus pariwisata dan sudah diproduksi, jadi 27 daerah dapat 1 unit. Ini bagian dari semangat dimulainya provinsi pariwisata bersama kota dan kabupatennya juga," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Angkutan dan Multi Moda Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kemenhub Ahmad Yani mengatakan, program hibah bus sebagai upaya percepatan peningkatan penggunaan transportasi publik yang terjangkau dan aman.

"Selain itu, menekan jumlah kejadian kecelakaan akibat penggunaan sepeda motor, baik oleh anak sekolah maupun masyarakat," katanya.

Menurut Yani, Kemenhub telah menghibahkan sedikitnya 240 unit BRT dan 180 unit bus sekolah selama 2018 ini dan Provinsi Jabar menjadi provinsi penerima bus hibah terbanyak.

"Saya kira pendekatan yang dilakukan provinsi juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan untuk memproleh (bus hibah) ini karena hasil yang didapat itu dengan mengajukan proposal. Artinya, bus itu harus dibiayai oleh setiap pemerintah daerah," pungkasnya.

Emil Serah Terimakan Puluhan Unit Bus Hibah dari Kemenhub
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2376 seconds (0.1#10.140)