Selain Dua Tol, Akses ke BIJB Juga Akan Didukung Kereta Api

Rabu, 19 Desember 2018 - 11:52 WIB
Selain Dua Tol, Akses ke BIJB Juga Akan Didukung Kereta Api
Sekda Provinsi Jabar Iwa Karniwa. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
MAJALENGKA - Pemerintah terus menggenjot infrastruktur untuk mendukung keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Selain dua jalan tol, yakni Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang telah beroperasi, dan Tol Cisumdawu yang masih dalam proses pembangunan, akses ke BIJB juga akan didukung dengan jalan raya dan angkutan kereta api (KA).

"Perlu juga dilaporkan kepada masyarakat akses Tol Cisumdawu, (dari) Dawuan ke Kertajati oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) sudah dialokasilan pembebasan lahannya. Sekarang informasi dari teman-teman sudah selesai. Sehingga dengan demikian tinggal pembangunan fisiknya," kata Sekda Provinsi Jabar Iwa Karniwa, saat menghadiri penerbangan perdana Garuda di BIJB, Selasa (18/12/2018).

Tak berhenti pada jalan tol saja, ujar Iwa, akses ke BIJB juga akan didukung dengan moda transportasi KA. Rencananya, di antara Cipali dan Cisumdawu akan ada jalur untuk kereta api menuju BIJB Kertajati.

"Dalam waktu yang secara bertahap juga nanti diikuti dengan di tengahnya ada Kereta Api. Jadi kami langsung, tidak tanggung-tanggung, bandara ini oleh tiga moda terintegrasi," ujar dia.

"Selesaikan dulu jalan tol. Nanti selesai jalan tol, dalam waktu tidak terlalu lama, kami evaluasi lagi, dan usulkan ke tengahnya bisa dibangun (jalur) kereta api," tutur Iwa.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8966 seconds (0.1#10.140)