Kompi Kavaleri Usir Kelompok Pengacau Keamanan di Cipeundeuy

Kamis, 02 Agustus 2018 - 19:17 WIB
Kompi Kavaleri Usir Kelompok Pengacau Keamanan di Cipeundeuy
Pasukan Kompi 42 Yonkav--4/Kijang Cakti melakukan pengamanan seusai mengusir kelompok pengacau keamanan. Foto/Pendam III/Siliwangi
A A A
BANDUNG BARAT - Satu Kompi Kavaleri yang diperkuat kendaraan lapis baja berhasil memukul mundur dan mengusir kelompok pengacau keamanan di wilayah Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (2/8/2018).

Selama ini, kelompok pengacau keamanan itu meresahkan masyarakat. Mereka disinyalir sering membuat keributan, keonaran, dan mengintimidasi masyarakat. Bahkan sering kali melakukan perampasan dan pencurian di wilayah tersebut.

Setelah berhasil mengusir kelompok pengacau, Kompi 42 Yonkav 4/Kijang Cakti yang dipimpin Komandan Kompi (Danki) 42 Lettu Kav Ibnu melaksanakan pertahanan di daerah yang selama ini diduduki kelompok tersebut.

Kompi Kavaleri Usir Kelompok Pengacau Keamanan di Cipeundeuy


Itu merupakan skenario latihan uji siap tempur (UST) Tingkat Kompi yang diikuti oleh 79 personel Kompi 42 dari Batalyon Kavaleri (Yonkav)-4/Kijang Cakti.

Latihan UST Tingkat Kompi ini dilaksanakan selama lima hari dari mulai 31 Juli sampai 3 Agustus 2018 dengan lokasi latihan di Cipatat, Rajamandala, dan Cipeundeuy, Padalarang, KBB.

Dandim 0607/Sukabumi Letkol Kav Mujahidin selaku Wakil Komandan Latihan yang memimpin langsung latihan UST Tingkat Kompi tersebut.

Mujahidin mengatakan, latihan UST Tingkat Kompi untuk menguji kesiapan tempur personel dan materil Kompi 42 Yonkav-4/Kijang Cakti dan bukan latihan biasa. “Latihan UST yang menggunakan kendaraan tempur tua tak menjadi penghalang bagi kelangsungan latihan yang benar dan sesuai harapan,” kata Mujahidin seusai latihan.

Menurut dia, uji siap tempur ini juga untuk membuktikan bahwa Kompi 42 Yokav-4/Kijang Cakti siap melaksanakan tugas jika sewaktu-waktu mendapatkan perintah tugas operasi dari komando.

Pelaksanaan latihan diawasi oleh tim wasev Pussenkav TNI AD Mayor Kav I Nengah P. Sedangkan tim penilai terdiri atas Kapten Kav A Gofur dari Kodim 0618/BS, Danramil Cipatat Kapten Kav H Rifai Lubis dari Kodim 0609/Kabupaten Bandung, Danramil Ciamis Kapten Kav Tarjo, Kapten Kav Suharto dari Kodim Kuningan, dan Kapten Kav Suwarno dari Bintaldam III/Siliwangi. Sementara itu, Kawasdal dipegang oleh Mayor Kav Susanto dari Pendam III/Siliwangi.

Latihan UST Tingkat Kompi juga diawasi oleh Kabaglat Rindam III/Siliwangi Letkol Inf Lukman Arif sekaligus yang mewakili Danrindam dan Wadan Rindam III/Siliwangi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2693 seconds (0.1#10.140)