alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sutopo Purwo Nugroho Inspirator Terbaik 2018 bagi Penyintas Kanker Paru Indonesia

Dzikry Subhanie
Sutopo Purwo Nugroho Inspirator Terbaik 2018 bagi Penyintas Kanker Paru Indonesia
Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) memberikan penghargaan kepada Sutopo Purwo Nugroho sebagai Inspirator Terbaik 2018 bagi para penyintas penderita kanker dalam melawan penyakitnya, khususnya bagi penyintas/penyandang kanker paru. Foto/Istimewa

JAKARTA - Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) memberikan penghargaan kepada Sutopo Purwo Nugroho sebagai Inspirator Terbaik 2018 bagi masyarakat Indonesia dalam bidang kesehatan yakni bagi para penyintas penderita kanker dalam melawan penyakitnya, khususnya bagi penyintas/penyandang kanker paru.
 
Penghargaan diberikan oleh Agus Dwi Susanto selaku Ketua Umum PDPI dalam acara Seminar Sehari tentang Kewaspadaan dan Deteksi Kanker Paru pada Layanan Primer di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta pada 16 Desember 2018.

"Apa yang dilakukan Pak Sutopo telah banyak menginspirasi penyintas kanker di Indonesia, khusus kanker paru. Tidak menyerah begitu saja namun tetap survive," kata Agus Dwi Susanto seperti disampaikan Sutopo dalam rilisnya.

Agus menambahkan, jumlah penderita kanker paru di Indonesia terus meningkat. Tentu ini juga terkait dengan perubahan gaya hidup. Setiap orang mempunyai risiko untuk terkena kanker paru. "Kewaspadaan harus ditingkatkan pada orang-orang yang mempunyai faktor-faktor risiko," ujar Agus.



Diketahui, di tengah perjuangan hidupnya  pascadivonis dokter menderita kanker paru stadium 4B yang menyebabkan kondisi fisik dan psikis sakit, Sutopo yang juga Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  terus-menerus menyampaikan informasi bencana kepada media dan masyarakat.

Dia tetap berjibaku melawan sakitnya untuk menyampaikan informasi bencana secara terus- menerus. Faktanya, media dan publik membutuhkan penjelasan yang lengkap dan rinci mengenai bencana dengan bahasa yang gampang, gamblang, mudah dimengerti dan masyarakat merasa aman dengan penjelasannya. Meski sakit tetap bekerja sehari-hari.

Sutopo juga terus menerus berbagi pengalaman dan menyarankan kepada penyintas kanker paru untuk terus semangat, pantang menyerah dan hidup sehat. Melalui social media, dia sering mengunggah foto dan video kondisi tubuhnya untuk memberikan semangat penyintas kanker. Juga memberikan nasihat kepada masyarakat umum mengenali tanda-tanda kanker paru, serta menghindari hal-hal penyebab kanker.



(zik)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif