Prajurit Kodam III/Siliwangi Ikut Tonting Sejauh 243 Km

Minggu, 16 Desember 2018 - 21:02 WIB
Prajurit Kodam III/Siliwangi Ikut Tonting Sejauh 243 Km
Prajurit Kodam III/Siliwangi berjalan kaki menempuh jarak 243 km dari Sukabumi ke Bandung dalam kegiatan Tonting 2018. Foto-foto: ISTIMEWA
A A A
SUKABUMI - Prajurit Kodam III/Siliwangi mengikuti kegiatan Pleton Beranting (Tonting) untuk memperingati Hari Juang Kartika ke-73 dan mengenang peristiwa Palagan Ambarawa.

Para peserta berjalan kaki selama tiga hari dan menempuh jarak sejauh 243 kilometer dari start Lapangan Long Vin Kampung Palagan, Desa Bojong Kokosan, Kabupaten Sukabumi, Minggu (16/12/2018).

Mereka melalui rute wilayah Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kabupaten Bandung, dan finish di Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh, Kota Bandung.

Pelepasan para peserta Tonting 2018 dipimpin oleh Wadan Rindam III/Siliwangi Kolonel Inf Wawan Setiawan di Lapangan Long Vin, Kampung Palagan, Desa Bojong Kokosan, Kabupaten Sukabumi, Minggu (16/12).

"Tonting yang dilaksanakan setiap tahun, merupakan wujud kecintaan, pengabdian sekaligus menjadi tradisi dan pelestarian semangat juang bela negara yang telah diwariskan oleh para pejuang kemerdekaan terutama dalam peristiwa Palagan Ambarawa," kata Wawan saat membacakan sambutan tertulis Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono.

Prajurit Kodam III/Siliwangi Ikut Tonting Sejauh 243 Km


Kegiatan Tonting ini, ujar Wawan, diharapkan dapat meningkatkan jiwa juang pantang menyerah dan ketabahan setiap insan prajurit TNI AD untuk berbakti mengisi kemerdekaan.

Dari peristiwa heroik Palagan Ambarawa yang berlangsung selama dua bulan, 20 Oktober 1945–15 Desember 1945, ujar Wawan, terdapat nilai dan makna kejuangan hakiki dalam mempertahankan kemerdekaan.

Pada peristiwa tersebut, TNI dan Rakyat Indonesia telah mencontohkan kegigihan, militansi, dan motivasi juang kokoh serta tangguh dalam mempertahankan kemerdekaan.

"Keteguhan hati para pejuang dan Prajurit TNI AD dalam melawan Tentara Kolonial, telah menempatkan TNI AD sebagai ujung tombak pertahanan bangsa," ujar Wawan.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.2961 seconds (0.1#10.140)