Sop Kambing Madura Cocok Juga untuk Makan Malam Nanti

Sabtu, 15 Desember 2018 - 14:52 WIB
Sop Kambing Madura Cocok Juga untuk Makan Malam Nanti
Sop kambing madura. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menyantap sop kambing madura dalam kondisi hangat di malam hari nanti menjadi pilihan tepat. Apalagi, belakangan hujan kerap mengguyur kala malam tiba.

Selain dapat menghangatkan tubuh, makanan ini juga bisa menambah energi sebelum beraktivitas. Nah, bagi Anda pecinta daging kambing, bisa membuat sop kambing madura.

Membuatnya memang sedikit memakan waktu, tetapi rasanya sudah tentu nikmat. Apalagi makanan yang satu ini dibuat menggunakan rempah-rempah yang membuat sop kambing madura semakin kaya rasa. Berikut resep membuatnya seperti dikutip akun Instagram @masaktv.

Bahan-bahan:
700 g daging dan iga kambing
Garam
Air
Minyak goreng

Bumbu penghilang bau:
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas
3 btg serai
9 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam
7 btr cengkih
3 jari kayu manis

Bahan bumbu halus:

5 btr kemiri
½ sdt lada
1 ½ sdt jintan
13 siung bawang merah
7 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari lengkuas

Pelengkap:
1 buah tomat, iris tipis
3 btg daun bawang, iris tipis
Bawang merah goreng

Cara membuat:
Hilangkan bau, didihkan air untuk merebus daging dan iga kambing. Masukkan seluruh bumbu penghilang bau. Masukkan daging dan iga kambing. Beri sedikit garam.

Didihkan air untuk kuah sop. Masukkan daging dan iga kambing yang sudah direbus sebelumnya, didihkan kembali. Sementara itu, panaskan minyak. Tumis bumbu halus bersama serai dan daun jeruk purut hingga harum dan matang.

Masukkan tumisan bumbu halus ke dalam rebusan daging dan iga kambing. Beri garam. Masak hingga benar-benar empuk dan bumbunya merasuk. Matikan api, sajikan hangat bersama pelengkap. Sop kambing madura pun siap dihidangkan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8311 seconds (0.1#10.140)